Mulai 1 Maret, PNS Polri dan Anggota Bidang Pelayanan Polda Bali Wajib Pakai Busana Tenun Endek Saat Bertugas

JurnalPatroliNews – Denpasar : Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, SH, M.Si, mendukung Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang hari penggunaan busana Adat Bali dan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang penggunaan kain Tenun Endek Bali atau kain Tenun Tradisional Bali.

Guna mendukung program Gubernur, busana kain tenun endek Bali akan diterapkan di lingkungan Polda Bali saat anggota bertugas memberikan pelayanan ke publik.

Penerapan penggunaan busana kain Tenun Endek Bali tersebut disampaikan Kapolda Bali ke jajarannya melalui surat telegram dengan Nomor: ST/152/KEP./2021 tertanggal 19 Februari 2021. Penggunaannya sudah diatur secara jelas dalam surat telegram tersebut.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Syamsi, SH membenarkan adanya rencana penggunaan busana adat Bali dan busana kain Tenun Endek Bali di lingkungan Polda Bali.

Ia juga menjelaskan, kain Tenun Endek ini akan dikenakan oleh seluruh PNS Polri dan anggota polisi yang bertugas di fungsi pelayanan publik.

“Penggunaan busana adat Bali pada jam kerja setiap hari Kamis, Purnama dan Tilem. Sedangkan penggunaan busana kain Tenun Endek Bali pada jam kerja setiap hari Selasa dikecualikan jika bertepatan dengan Purnama dan Tilem,” kata Kombes Syamsi, Selasa (23/2/2021).

Diterangkannya, etika penggunaan busana Adat Bali dan kain Tenun Endek Bali disesuaikan dengan nilai kesopanan, kesantunan, kepatutan dan kepantasan.

“Penggunaan busana Adat Bali dan busana kain Tenun Endek Bali di Polda Bali akan dimulai tanggal 1 Maret 2021,” tegasnya.

Dilanjutkannya, ada 7 poin terkait maksud dan tujuan dari penggunaan busana Adat Bali dan kain Tenun Endek Bali. Antara lain, untuk menjaga dan memelihara kelestarian busana adat bali dalam rangka meneguhkan jati diri, karakter dan budi pekerti. Menghormati dan mengapresiasi kain Tenun Endek Bali sebagai warisan budaya kreatif masyarakat Bali.

Terakhir, secara aktif mempromosikan dan memasarkan kain tenun endek Bali dalam berbagai kegiatan lokal, nasional dan internasional guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Bali. (* – TiR).-

Komentar