Sandiaga Harus Ziarah ke Makam Proklamator Bung Karno, Kombatan: Penting, Sebelum Bu Mega Putuskan Cawapres-nya Ganjar

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Ormas Nasionalis Komunitas Banteng Asli Nusantara (Kombatan) mendesak Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, untuk segera berziarah ke makam Proklamator Bung Karno di Blitar, jika masih berharap menjadi Cawapres-nya Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Sebaiknya Sandi tidak hanya pasrah menunggu keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Bu Mega, soal dirinya akan dipilih atau tidak menjadi Cawapresnya Mas Ganjar. Yang tidak kalah penting, Sandi harus berziarah dulu ke makam Proklamator Bung Karno di Blitar,” kata Ketua Umum DPN (Dewan Pimpinan Pusat) Kombatan, Budi Mulyawan alias Cepi, dalam keterangnya, Kamis (31/08/2023).

Cepi menegaskan pentingnya bagi Sandi -sebutan populer Sandiaga Uno– berziarah ke makam Bung Karno, karena ziarah itu bukan sekadar bentuk penghormatan kepada Bapak Proklamator RI, yang juga pendiri partai berideologi nasionalisme Pancasila.

Namun, kata dia, selain untuk mendoakan jasa pengabdian Bapak Bangsa, sekaligus menjunjung tinggi keadaban sebagai generasi penerus cita-cita sang founding fathers yang juga sebagai Presiden RI pertama.

“Kita harus pegang teguh ajaran falsafah Bung Karno soal Jasmerah atau jangan lupakan sejarah,” kata Cepi, memperingatkan.

“Selain itu, sesuai cita-cita Bapak Bangsa khususnya soal berdaulat dalam kebudayaan, maka menziarahi makam sang Proklamator itu ujud dari budaya etika sebagai calon pemimpin penerus bangsa,” kata pimpinan Ormas yang ketua dewan pembinanya, Sidarto Danusubroto, mantan Ajudan Presiden RI-1 Ir Soekarno, yang juga politikus senior PDI Perjuangan.

Cepi juga minta Sandi dengan restu Ketua Umum PPP Mardiono –pengusungnya masuk bursa Bacawapres-nya Ganjar–, perlu lebih bisa mendekat ke lingkaran Ketum PDI Perjuangan (PDIP). Khususnya, elite pimpinan PDI Perjuangan Puan Maharani maupun Prananda Prabowo.

“Selain Bu Mega, ruh PDI Perjuangan ada di Puan Maharani dan kakaknya, Prananda. Kedua tokoh inilah yang bertanggungjawab visi kebangsaan PDI Perjuangan ke depan. Jadi, bagi Bacawapres yang akan dipilih Ketum Bu Mega, wajib menyiapkan diri berkomitmen jadi representasi ruh partai,” tutur Cepi.

“Kombatan optimistis Sandi punya kans besar jadi Cawapres-nya Mas Ganjar dibanding tokoh-tokoh lain yang masuk bursa Bacawapres versi PDIP,” imbuh kader PDI Perjuangan sejak masih bernama PDI dan sempat aktif sebagai pengurus DPP PDI Perjuangan.

Kombatan mencermati, lanjut Cepi, bahwa pengalaman Sandi sebagai pengusaha nasional segenerasi Erick Thohir, dan Wagub DKI, serta Menteri Pariwisata dapat menjadi kekuatan tersendiri untuk saling melengkapi dengan Capres Ganjar Pranowo yang berlatar belakang bukan dari pengusaha.

Komentar