Tentara Yaman Merebut Area Kunci di Ma’rib

Jurnalpatrolinews – Sana’a : Tentara Yaman meningkatkan serangan mereka terhadap militan yang didukung Saudi di Ma’rib, berhasil merebut kembali wilayah strategis di provinsi tengah.

Pasukan tentara Yaman, didukung oleh pejuang sekutu dari Komite Populer, membangun kendali penuh atas wilayah al-Sadara, yang merupakan rute penghubung ke wilayah selatan Ma’rib.

Tentara Yaman telah mengirim ribuan pejuang ke provinsi itu selama beberapa minggu terakhir untuk mengusir pasukan yang setia kepada bekas pemerintah.

Sejak Maret 2015, Arab Saudi telah melakukan agresi militer berdarah di Yaman dengan bantuan dari sekutu regionalnya, dan menggunakan senjata yang dipasok oleh pendukung Baratnya. Tujuan perang tersebut adalah untuk membawa mantan presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi kembali berkuasa dan mengalahkan gerakan Houthi Ansarullah.

Angkatan bersenjata Yaman telah meningkatkan kemampuan militer mereka dan menanggapi serangan menggunakan rudal dan drone domestik, dan menargetkan instalasi minyak sensitif dan situs militer jauh di dalam wilayah Saudi.

Sejak 2015, lebih dari 100.000 orang telah terbunuh, menurut Proyek Lokasi Konflik Bersenjata dan Data Peristiwa (ACLED) yang berbasis di AS.

Komentar