Kupas Tuntas: Program Energi Baru Terbarukan,  Proyeksi Transisi Energi RI di Masa Depan

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Transisi energi menjadi krusial dan urgensi sebagai respons dunia terhadap tantangan global untuk membangun sistem energi global yang lebih resilien. Hal ini tidak lepas dari transisi energi berkelanjutan yang dapat mendorong pertumbuhan dan ketahanan ekonomi.

Bahkan, sustainable energy transition atau transisi energi berkelanjutan menjadi salah satu isu prioritas pada Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, di samping dua topik lainnya yakni Sistem Kesehatan Dunia serta Transformasi Ekonomi dan Digital.

Pentingnya bahasan transisi energi perlu dilakukan karena harus mempertimbangkan keterjangkauan harga, inklusifitas jenis energi dan teknologi, serta memastikan memberikan manfaat bagi semua kelompok masyarakat yang terdampak.

Maka dari itu, saat ini Indonesia berperan penting menyusun kesepakatan bersama dengan tetap mempertimbangkan situasi dan kondisi masing-masing negara sebagaimana kolaborasi di G20 bisa terjadi secara sinergis.

Lalu, apa saja strategi yang dibutuhkan oleh pemerintah Indonesia beserta stakeholder terkait untuk mendukung program energi baru terbarukan agar terlaksana dan dapat diterapkan oleh semua negara?

Dalam acara CNBC Indonesia G20 Forum dengan tema ‘The Future of Indonesian Energy Transition’. Forum ini akan menghadirkan banyak narasumber yang akan membahas proyeksi transisi energi di masa depan, Acara ini didukung oleh PT Bayan Resources Indonesia Tbk.

Komentar