Hentikan Perang, Jokowi Bicara di KTT G20: Dunia Harus Jadi Keluarga, Ciptakan Kehidupan Damai

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo berbicara pada sesi kedua Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India, Sabtu (9/9/2023) di Bharat Mandapam IECC, Pragati Maidan, New Delhi India. Sesi itu mengangkat tema ‘One Family’.

Jokowi mengatakan Indonesia berharap agar dunia menjadi satu keluarga besar yang saling membangun dan memiliki tujuan bersama untuk menciptakan kehidupan damai.

“Saya setuju, jika dunia ini layaknya satu keluarga besar, namun, keluarga yang Indonesia harapkan adalah keluarga yang saling membangun, saling peduli, dan memiliki satu tujuan bersama yaitu menciptakan kehidupan yang damai dan makmur,” kata dalam keterangan.

Untuk itu, Ia menyampaikan bahwa terdapat sejumlah hal untuk mewujudkan tujuan tersebut, di antaranya adalah dengan menciptakan stabilitas global salah satunya dengan menghentikan perang.

“Kita harus hentikan perang, berpegang teguh pada hukum internasional, dan bahu-membahu wujudkan inklusivitas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan bahwa saat ini Indonesia terus mendorong ASEAN untuk menjadi jangkar stabilitas kawasan di Indo-Pasifik. Presiden menilai hal tersebut dikarenakan saat ini dunia membutuhkan safe house.

Hal lainnya yang dinilai dapat membantu mewujudkan kehidupan yang damai dan makmur adalah dengan menjaga solidaritas antarnegara. Eks Gubernur DKI Jakarta ini menilai pengkategorian negara yang terkesan mengkotak-kotakan harus segera diakhiri.
“Kita perlu akhiri dikotomi yang mengotak-ngotakan, utara dan selatan, maju dan berkembang, maupun timur dan barat,” tegasnya.

Suarakan Negara Selatan Global
Selain itu, Jokowi Untuk itu, menyebut bahwa kerja sama dan ruang dialog harus terbuka bagi semua pihak dan hak semua negara tidak boleh dikesampingkan, termasuk juga hak negara-negara berkembang.

Komentar