Luhut Diberi Tugas Khusus oleh Jokowi untuk Kawal Investasi Apple di IKN

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo telah menugaskan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, untuk memantau investasi Apple di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pernyataan ini disampaikan oleh Luhut melalui akun Instagram pribadinya, menyusul kunjungan Tim Cook, CEO Apple, ke Indonesia pada Kamis (18/4).

Luhut mengungkapkan bahwa ia ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan Tim Cook di Istana Negara, Jakarta Pusat.

“Presiden (Jokowi) memerintahkan saya untuk segera merespons rencana mereka mau investasi dalam jumlah yang cukup besar di Indonesia. Dia (Tim Cook) sangat tertarik dengan IKN, itu juga yang menarik. Dia bilang, kami (Apple) mau investasi, terutama dalam bidang artificial intelligence (AI) di IKN,” kata Luhut.

Menurut Luhut, Cook menunjukkan ketertarikan dengan Indonesia yang dianggapnya memiliki potensi besar, dengan pertumbuhan ekonomi stabil, tingkat inflasi yang terkendali, dan jumlah penduduk mencapai 282 juta orang.

“Dia (Tim Cook) melihat Indonesia market potensial, apalagi dengan demografi bonus yang masih ada sampai 2030, ini harus kita kapitalisasi. Dia (Apple) juga mau investasi di Indonesia, dia memerintahkan stafnya untuk segera follow up,” tambahnya.

Tim Cook berjanji akan mengalokasikan modalnya di Indonesia, dengan fokus pada IKN Nusantara.

“Saya pikir sangat benar sekali arahan presiden. Tinggal kami dan tim menggodok ini. Saya berharap dalam beberapa waktu ke depan kita akan bertemu teknis dengan tim dari Apple,” imbuhnya.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sebelumnya mengungkapkan bahwa Apple berencana untuk menginvestasikan Rp1,6 triliun di Indonesia.

Investasi tersebut akan difokuskan pada pembangunan infrastruktur pendidikan, termasuk Apple Developer Academy, yang akan dibangun di empat lokasi di Indonesia, yaitu Bali, Batam, Surabaya, dan Tangerang Selatan.

Komentar