Berbagai Kegiatan Digelar Serangkaian Launching Operasional PLUT Buleleng

Sementara itu, Ketua Forum UMKM Naik Kelas Kabupaten Buleleng, I Ketut Sumayana yang turut hadir dalam kegiatan operasional PLUT Buleleng mengakui bahwa keberadaan Gedung PLUT Buleleng memiliki peluang yang sangat luar biasa bagi kemajuan UMKM di Kabupaten Buleleng. Hal itu ditegaskan atas penilaian langsung terhadap kegiatan dalam ruang khusus untuk pelatihan digitalisasi produk UMKM.

“Tadi saya melihat ternyata ada ruang untuk bagaimana kita mendigitalisasi. Teman-teman UMKM masih banyak yang belum memiliki foto-foto yang maksimal dalam mendongkrak dari segi digitalisasinya termasuk juga cara mengaktifkan sosial media untuk pemasaran produk,” ujar Ketut Sumayana.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi ruang untuk pelatihan pembuatan fruit chips mengingat hasil petani buah di Buleleng cukup melimpah. Menurut pengamatannya selaku masyarakat Buleleng wilayah Timur, ketika sudah musim buah berlimpah terdapat banyak hasil buah-buahan seperti, mangga, pepaya bahkan nangka dijadikan pakan ternak karena sudah terlalu matang atau tidak laku dijual. Sehingga keberadaan alat-alat pembuat fruit chips dinilai sangat menginspirasi petani dan pelaku UMKM untuk meningkatkan dan menambah komoditi produktivitasnya.

“Ayo bergabung di Forum UMKM Buleleng dan bersinergi dengan Disdagprinkop-UKM Buleleng sehingga informasi-informasi mengenai kegiatan pelatihan, pameran serta informasi mengenai perijinan dan bantuan lainnya bisa lebih mudah diperoleh,” ajak Ketut Sumayana.

Komentar