HUT ke-48 PDI-P Di Buleleng Diwarnai Hijaukan Hutan Kedu, Panji

JurnalPatroliNews – Buleleng – DPC PDI Perjuangan kabupaten Buleleng melakukan aksi tanam pohon di hutan Desa Panji kecamatan Sukasada.

Sebanyak 2000 bibit pohon kopi dan 2500 bibit kelapa diberikan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Buleleng untuk ditanam di hutan Kedu, Desa Panji hari Minggu (10/01).

Kegiatan dimulai dengan apel serta pengarahan kader di Monumen Bhuana Kertha.

Dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon di beberapa titik di Hutan Kedu dibantu oleh petani setempat. Dalam aksi itu, Ketua DPC PDI-P Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST didampingi Sekretaris DPC PDI-P Buleleng Gede Supriatna, SH secara simbolis melakukan penanaman pohon.

Ketua DPC PDI Perjuangan Putu Agus Suradnyana, ST disela-sela kegiatan mengungkapkan, penanaman pohon ini merupakan serangkaian perayaan HUT ke-48 PDI Perjuangan.

Selain penanaman pohon, kegiatan dilanjutkan dengan seremonial secara daring dari Sekretariat DPC PDI-P Buleleng.

Pada tahun 2021 ini, HUT ke-48 juga mengambil tema “Indonesia Berkepribadian dalam Kebudayaan”.

Dengan tema itu merupakan upaya – upaya untuk mengoptimalkan potensi lokal di Bali, tercantum dalam Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, salah satunya dengan melestarikan lingkungan.

“Kami harapkan dengan penanaman pohon kali ini bisa memperbaiki ekosistem yang selama ini mulai terdegradasi oleh pengurangan luas lahan. Acara hari ini juga tidak berhenti disini, namun ini adalah momentum dalam rangka HUT ke-48 PDI-P,” jelasnya.

Sementara Perbekel Desa Panji Made Ariawan mengatakan, penanaman pohon sangat diperlukan untuk menata kawasan hutan Panji yang menjadi objek wisata baru, yaitu Virgin River.

Selain pohon kelapa untuk menghiasi akses jalan ke objek wisata tersebut, telah ditanam sejumlah pohon untuk keberlangsungan objek wisata.

“Harapan kami virgin river yang kita branding astungkara bisa terawat terus. Jadi kami juga sudah tanam pohon kasapan sebagai pengganti sabun dan pohon lateng untuk penahan air. Ini cara kami untuk merawat hulu Buleleng,” ungkapnya.

(TiR).-

Komentar