Resmikan Dua Terminal Di Medan, Jokowi Resah, Kemacetan Sekarang Tidak Hanya Di Jakarta

JurnalPatroliNews – Medan – Presiden Joko Widodo meresmikan Terminal Amplas Kota Medan dan Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematang Siantar, Provinsi Sumatra Utara, Kamis (9/2/2023).

Dalam sambutannya, Jokowi bicara soal kemacetan. “Kemacetan sekarang ini tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di luar Jakarta, kota-kota besar misalnya Medan, Bandung, Surabaya, Makassar dan kota-kota besar yang lainnya mulai mengalami macet, yang sudah mulai harus kita perhatikan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Jokowi mengingatkan kalau terminal bus harus bersih dan nyaman. Beda dengan era terminal bus di masa lalu yang kotor dan banyak preman. “Siapa yang mau naik bus, kalau hal tadi masih terjadi?,” tanya Jokowi.

Eks gubernur DKI Jakarta itu lantas mendorong masyarakat menggunakan transportasi massal. Baik itu bus antarkota, bus antarpulau, juga transportasi massal di kota-kota besar. “Di Jakarta sudah kita mulai MRT, sebentar lagi LRT jadi, sebentar lagi Kereta Cepat Antarkota Jakarta-Bandung juga selesai. Dan, kita harapkan kota-kota besar di luar Jakarta harus mulai berpikir ke arah LRT, MRT, dan moda transportasi massal yang lainnya. Kalau tidak, kedahuluan macet, jalan tidak bisa dilebarkan, akhirnya semua orang akan sangat tergantung pada yang namanya kendaraan pribadi,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi berharap pembangunan Terminal Amplas Kota Medan dan Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematang Siantar, budaya menggunakan transportasi bus ini bisa dikembangkan “Tadi saya bertanya kepada driver, dari sini ada yang ke Pekanbaru, ada yang ke Dumai, ada yang ke Jakarta, ada juga yang ke Pematang Siantar, ada juga dari sini yang menuju ke bandara. Pelayanan-pelayanan itulah yang ingin diberikan oleh Terminal Amplas Kota Medan ini,” kata Jokowi. “Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan. Terminal ini menghabiskan anggaran Rp43 miliar, dan kita harapkan setelah dibuka betul-betul memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Terminal Amplas Kota Medan dan Terminal Tanjung Pinggir Kota Pematang Siantar,” lanjutnya.

Komentar