3 Petugas Avsec Bandara Dipecat, Usai Kawal dan Cium Tangan Bahar Smith, Ini Alasanya..

JurnalPatroliNews – Jakarta – Apa tugas avsec bandara? Pertanyaan ini muncul sehubungan viralnya tiga petugas avsec Bandara Soekarno Hatta yang dipecat usai menjemput, mengawal serta mencium tangan Habib Bahar bin Smith saat turun dari pesawat.

Atas kejadian tersebut, ketiga petugas avsec itu kemudian dipecat. Pihak Bandara Soetta mengatakan ketiga petugas avsec dipecat karena dianggap telah melakukan pelanggaran berat terkait prosedur dan tugas kerja sebagai avsec bandara.

Lantas apa tugas avsec bandara itu? Seperti aturan SOP tugas avsec bandara? Simak informasi serta penjelasan terkait alasan pemecatan tiga petugas avsec Bandara Soetta berikut ini.

Apa Itu Avsec dan Apa Tugas Avsec Bandara?

Aviation Security atau Avsec adalah salah satu personel bandara yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan, keselamatan, dan ketertiban penerbangan. Melansir situs Institut Teknologi Dirgantara Adisutjipto (ITDA), hal tersebut meliputi keamanan, keselamatan dan ketertiban pesawat, awak pesawat, penumpang, personel dan fasilitas yang ada di bandara.

Dalam menjalankan tugas untuk menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan, seperti dikutip dari situs PPIC Kabupaten Jember, avsec bandara bertanggungjawab atas pelaksanaan standar operational procedure (SOP) keamanan penerbangan. Kegiatan ini meliputi:

Patroli Runway, Taxiway, Apron Dan Perimeter untuk memastikan tidak ada objek yang dapat mengganggu keamanan penerbangan.

Pengujian peralatan keamanan yang terdiri dari Hand Held Metal Detector, X-Ray dan Walkthrough.

Seluruh rangkaian SOP keamanan penerbangan yang dilaksanakan personel avsec bandara itu mengacu pada UU No 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan serta KM 211 Tahun 2020 tentang Program Keamanan Penerbangan Nasional.

3 Petugas Avsec Dipecat Usai Kawal Bahar Smith

Pemecatan 3 petugas avsec berawal dari beredar video viral menjemput dan mendampingi Bahar bin Smith yang baru turun dari pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Tak hanya mengawal, ketiga petugas terlihat bergantian mencium tangan Habib Bahar bin Smith.

Dalam video viral, ketiga petugas tersebut tidak hanya menjemput, mereka juga terlihat bergantian mencium tangan Habib Bahar bin Smith. Setelah itu, mereka mengawal Bahar Smith yang berjalan di garbarata hingga lorong kedatangan penumpang pesawat.

Alasan Pemecatan 3 Petugas Avsec: Langgar SOP Tugas

Pihak Bandara Soekarno-Hatta menjelaskan terkait alasan pemecatan tiga petugas avsec bandara itu. Ketiga petugas itu dianggap telah melakukan pelanggaran berat terkait SOP kerja dan adanya tindakan indisipliner.

PT Angkasa Pura II menegaskan setiap avsec harus selalu mematuhi prosedur operasi standar (standard operating procedure/SOP). SOP dari petugas avsec adalah memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan dengan menjalankan pemeriksaan terhadap barang dan orang.

AP II menyatakan telah mengetahui bahwa terdapat tiga pegawai avsec non-organik telah melakukan pelanggaran SOP, serta tindakan indisipliner saat bertugas di Bandara Soekarno-Hatta pada Jumat, 3 Maret 2023.

“Ketiga avsec melakukan pelanggaran berat, yakni meninggalkan area kerja tanpa melapor ke atasan langsung, lalu melakukan penjemputan dan pendampingan terhadap penumpang, di mana ini bukan SOP dari avsec,” ujar SM of Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta M. Holik Muardi dalam keterangan tertulis, Jumat (31/3).

“Tindakan ini merupakan pelanggaran SOP berat dan sangat tidak dibenarkan karena dapat menimbulkan dampak terkait aspek keamanan yang tidak kita semua inginkan,” lanjutnya.

Atas pelanggaran terhadap SOP tugas avsec bandara dan tindakan indisipliner itu, kemudian diambil tindakan tegas dengan memberikan sanksi terberat sesuai perjanjian kerja kepada ketiga avsec tersebut, yaitu pemberhentian.

Komentar