Ada Kasetpres Jokowi, PKS DKI Bahas 3 Nama Pj Gubernur Pengganti Anies

JurnalPatroliNews – Jakarta,- DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat paripurna penyampaian pengumuman pemberhentian Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria pada 13 September mendatang.

Fraksi-fraksi di DPRD DKI pun kini mulai membahas nama-nama Pj Gubernur pengganti Anies.

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Achmad Yani mengatakan saat ini tengah membahas tiga nama. Siapa saja?

“Kami dari Fraksi PKS sedang dalam pembahasan untuk Pj Gubernur DKI. Kami mengajukan calon tersebut yang netral dan profesional. Di antara nama-nama yang masih dalam penggodokan adalah Bapak Bachtiar, Marulloh Matali, dan Heru Budi Hartono,” ujar Yani kepada wartawan, Senin (5/9/2022).

Yani menuturkan kriteria Pj Gubernur versi PKS adalah yang memenuhi persyaratan.

Selain tiga nama itu, Yani menyebut ada nama-nama lain yang masuk radar pembahasan.

“Masih ada beberapa orang lagi yang masih dalam pengkajian,” paparnya.

Untuk diketahui, masa jabatan Anies Baswedan selesai pada 16 Oktober 2022.

Mendagri Tito Karnavian menyampaikan akan ada enam nama calon Pj Gubernur DKI Jakarta yang diajukan ke Presiden Jokowi. Tiga di antaranya usulan atau dipilih oleh DPRD DKI Jakarta.

“Jadi untuk bupati wali kota 3 nama dari DPRD, gubernur juga kita hormati (DPRD) sebagai wakil pemerintah pusat di daerah mengajukan 3 nama, Kemendagri juga dapat tampung aspirasi 3 nama,” ujar Tito, Rabu (31/8/2022).

Tito menyampaikan nama-nama tersebut nantinya akan melewati tahap sidang kementerian/lembaga, termasuk KPK dan Polri. Dia menyebut nantinya Jokowi akan melakukan sidang tersendiri untuk menentukan pj gubernur.

Komentar