Ada Temuan Transaksi Gelap di Kemenkeu Rp300 T, Ini Cerita Lengkap Mahfud

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD awalnya mengungkapkan temuan transaksi janggal senilai Rp 300 triliun di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) saat dirinya mengisi acara di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

“Saya sudah dapat laporan yang pagi tadi terbaru malah ada pergerakan mencurigakan sebesar Rp 300 T (triliun) di lingkungan Kementerian Keuangan, itu yang hari ini,” ujar Mahfud usai menjadi pembicara di UGM, Yogyakarta, dikutip dari rekan media, Kamis (9/3/2023).

Sontak saja publik yang tengah menyoroti kasus Rafael Alun Trisambodo, eks pegawai pajak, terkejut dengan pengakuan ini. Selang beberapa hari, Kamis (8//3/2023), Mahfud pun memberikan konfirmasi terkait dana tersebut.

Mahfud mengaku transaksi janggal itu sudah terdeteksi dan disampaikan sejak 2009 silam hingga yang terbaru pada tahun ini. Laporan transaksi itu pun sudah disampaikan seluruhnya, namun tidak mendapat respons dari Kementerian Keuangan. Sebagai catatan, pada 2009, Sri Mulyani masih menjabat sebagai Menteri Keuangan di era Presiden SBY.

“Itu tahun 2009 sampai 2023, ada 160 laporan lebih. Taruh lah 160 laporan sejak itu, itu tidak ada kemajuan informasi. Sesudah diakumulasikan semua melibatkan 460 orang lebih di kementerian itu,” kata Mahfud dikutip dari keterangan videonya di akun YouTube Kemenko Polhukam RI, Kamis (9/3/2023).
“Yang akumulasi terhadap transaksi mencurigakan itu bergerak di sekitar Rp 300 triliun tapi sejak 2009 karena laporan tidak diupdate tidak diberi informasi respons,” ungkap Mahfud.

Komentar