Ada Temuan Transaksi Gelap di Kemenkeu Rp300 T, Ini Cerita Lengkap Mahfud

Respons terhadap analisis transaksi mencurigakan dari pihak Kementerian Keuangan menurutnya kerap kali terjadi bila adanya kasus muncul. Misalnya, seperti yang terjadi baru-baru ini menimpa mantan pejabat eselon III di Direktorat Jenderal Pajak, Rafael Alun Trisambodo.

“Kadang kala respons itu muncul sesudah menjadi kasus kayak yang Rafael, Rafael itu jadi kasus lalu dibuka, loh ini sudah dilaporkan dulu kok didiamkan,” tutur Mahfud.

Dia pun mengaku salut dan hormat kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mau membersihkan masalah ini dan mengambil tindakan cepat. Sayangnya, Kementerian Keuangan belum tahu menahu perihal pelaporan transaksi gelap Rp 300 triliun tersebut.

Mahfud menduga, selama ini laporan itu tidak direspons pihak-pihak di Inspektorat Jenderal (Irjen) Kementerian Keuangan secara cepat karena menganggap transaksi yang dilaporkan nominalnya kecil, sehingga dianggap tidak ada masalah.

“Ke-irjen-an baru beri laporan kalau dipanggil kali, sehingga ‘pak itu hanya kecil-kecil, enggak ada masalah,’ gitu. Ternyata kalau mau dianggap enggak ada masalah, sekarnag ada masalah,” tutur Mahfud.
Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Keuangan mengungkapkan bahwa pihaknya belum mendengar informasi mengenai temuan transaksi mencurigakan senilai Rp 300 triliun yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

“Memang sampai saat ini kami khususnya Itjen belum tahu tapi kami belum terima informasinya seperti apa. Nanti kami cek,” tegas Irjen Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh

Komentar