Bos Lemhanas Dapat Restu Jadi Timses Ganjar, Jokowi Minta: Mensesneg Cek Aturannya..!

Orang Dekat Jokowi

Sebelumnya Pria yang identik dengan ‘topi fedora-nya’ itu bukanlah sosok yang baru di lingkaran pemerintah Jokowi sejak 2014. Andi Widjajanto tercatat pernah mengisi sejumlah posisi strategis di pemerintahan Jokowi.

Nama Andi Widjajanto pertama kali dikenal sebagai Deputi Tim Transisi Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla pada 2014 lalu. Setelah itu, yang bersangkutan ditunjuk sebagai Sekretaris Kabinet terhitung sejak 3 November 2014.

Namun, posisi tersebut tak bertahan lama. Tak sampai satu tahun, Andi Widjajanto ‘terdepak’ dan digantikan oleh Pramono Anung pada 12 Agustus 2015 hingga saat ini.

Kemudian pada 21 Februari 2022 Andi dilantik menjadi Gubernur Lemhanas RI menggantikan Agus Widjojo yang dilantik menjadi Duta Besar RI untuk Filipina merangkap Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau.

Meski demikian, bukan berarti Andi Widjajanto tak lagi berada di lingkaran Jokowi. Anak politikus senior PDIP Mayjen TNI (Purn) Theo Syafei itu sebelumnya diangkat sebagai Penasihat Kepala Staf Kepresidenan pada 2016.

Andi Widjajanto sendiri memiliki latar belakang pendidikan yang luas, mulai dari FISIP jurusan HI di Universitas Indonesia.

Ia juga tercatat mendapatkan gelar sarjana dari School of Oriental dan African Studies University of London.

Bahkan, ia juga mendapatkan gelar Master of Sciences dari London School of Economics sekaligus Master of Sciences dari Industrial College of Armed Forces Washington DC pada 2003.

Komentar