Breaking News : Jepang Mengumumkan Keadaan Darurat Tokyo Terkait Virus Korona

Jurnalpatrolinews – Tokyo : Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, Kamis mengumumkan keadaan darurat di Tokyo dan tiga wilayah tetangga mengandung tingkat meningkat pesat dari coronavirus infeksi. 

Darurat satu bulan di Tokyo dan prefektur tetangga Saitama, Kanagawa dan Chiba akan tetap berlaku hingga 7 Februari dengan pembatasan pada pengoperasian restoran dan bar setelah jam 8 malam. Pemerintah juga menyarankan orang untuk tinggal di rumah dan menghindari mengunjungi daerah keramaian. 

“Saya yakin kita bisa mengatasi ini, tapi saya harus meminta Anda semua untuk menanggung hidup terbatas untuk sementara waktu lebih lama,” kata Suga kepada wartawan.

Pembatasan tersebut tidak seketat yang diberlakukan pada April tahun lalu, yang mencakup penutupan sekolah secara nasional dan bisnis yang tidak penting. Meski sekolah dan kompleks pertokoan belum ditutup kali ini, pemerintah telah mengarahkan bioskop dan museum untuk mengurangi kapasitasnya bagi pengunjung.

Deklarasi darurat dari pemerintah datang beberapa hari setelah gubernur dari daerah yang terkena bencana meminta pemerintah pusat untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasi pandemi.

“Kami sekarang perlu menyadari bahwa infeksi virus telah memasuki tahap yang sama sekali baru,” kata Gubernur Tokyo Yuriko Koike. “Tokyo menjadikan perlindungan kehidupan manusia sebagai prioritas utama.”

“Tolong anggap masalah ini dengan serius sebagai milik Anda, untuk melindungi semua kehidupan yang berharga, orang tua Anda, kakek nenek, keluarga dan teman-teman Anda, dari generasi ke generasi,” kata Suga, saat dia memberi tahu media bahwa mereka berupaya untuk mendapatkan persetujuan dan pengiriman vaksin. Dia juga berjanji untuk memberikan lebih banyak bantuan ke rumah sakit yang merawat pasien virus corona.

Pembatasan tidak terikat oleh segala jenis bobot hukum atau hukuman, tetapi bergantung pada kepatuhan sukarela.

Covid-19 kasus telah meledak di Jepang sejak liburan Natal, dengan rekor 5.000 kasus pada hari Rabu, dibandingkan dengan 700 kasus selama periode darurat pertama pada April 2020 dan sekitar 1.000 pada November. Sejauh ini, negara tersebut telah mencatat lebih dari 250.000 kasus dengan lebih dari 3.700 kematian. 

Menjaga infeksi Covid-19 terkendali sangat penting bagi Jepang menjelang Olimpiade Tokyo, yang dijadwalkan pada 23 Juli tahun ini. Olimpiade ditunda musim panas lalu karena pandemi.

Komentar