Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Jokowi Resmikan Jalan Tol Untuk Mempercepat Akses ke Danau Toba

JurnalPatroliNews – Sumut – Presiden Joko Widodo (Jokowi), secara resmi membuka dua seksi jalan tol di Sumatera Utara, yang bertujuan untuk menghubungkan langsung ke Danau Toba. Pembukaan ini menjadi langkah penting dalam meningkatkan aksesibilitas ke destinasi pariwisata terkenal tersebut.

Dua seksi jalan tol yang diperkenalkan oleh Jokowi adalah seksi Tebingtinggi-Indrapura, yang membentang dari Kuala Tanjung ke Tebingtinggi, dan seksi Indrapura-Limapuluh, yang terhubung dari Indrapura ke Kisaran.

Selain menghubungkan langsung ke Danau Toba, jalan tol baru ini diharapkan akan mempercepat pergerakan logistik menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

“Kedua ruas jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas kawasan ke pariwisata di Danau Toba, kemudian juga meningkatkan kecepatan logistik ke Pelabuhan Kuala Tanjung dan juga yang berkaitan dengan KEK Sei Mangkei,” ucap Jokowi dalam peresmian jalan tol, Rabu (7/2/24).

Jalan tol Tebingtinggi-Indrapura memiliki panjang 20,4 kilometer dengan biaya pembangunan mencapai Rp 3,06 triliun. Sementara itu, jalan tol Indrapura-Limapuluh membentang sepanjang 15,6 kilometer dengan biaya pembangunan sekitar Rp 1,67 triliun.

“Kita harapkan ini juga akan cepat berkembang dan mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju kisaran dan provinsi Riau, sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya,” tutup Jokowi.

Komentar