Jokowi Kunjungi Lahan Pertanian di Sulawesi Tengah Untuk Periksa Hasil Panen Besar!

JurnalPatroliNews – Sulteng – Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengunjungi lahan pertanian di Desa Pandere, Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Rabu (27/3/24) untuk meninjau panen raya yang sedang berlangsung. Dalam kunjungannya, Jokowi menyatakan senang atas hasil panen yang memuaskan.

“Ya saya ingin melihat panen besar yang ada di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dan hasilnya saya lihat bagus, per hektare bisa 6-6,2 ton per hektarnya, artinya baik,” kata Jokowi saat memberikan keterangan.

Selain itu, Jokowi juga meminta Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, untuk mempercepat proses penanaman kembali setelah panen dengan menggunakan teknologi mekanisasi modern. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian di daerah tersebut.

“Ini oleh Pak Mentan didorong untuk mempercepat penanaman kembali sehingga setelah dipanen langsung diolah tanahnya dengan traktor, dengan mesin-mesin yang mekanisasi yang lebih modern, dan ini akan mempercepat dimulainya penanaman kembali,” tambahnya.

Sementara itu, Sampurno, seorang petani lokal, menyampaikan bahwa di Desa Pandere, Kabupaten Sigi, luas lahan pertanian mencapai 200 hektar dengan hasil panen rata-rata antara 5 hingga 6 ton gabah per hektar.


”Satu hektarnya kadang ada 5 ton, kadang ada 6 ton. Bagus kalau 5-6 ton itu bagus,” ujar Sampurno.

Meskipun demikian, Sampurno juga menyoroti beberapa kendala yang dihadapi petani di daerah tersebut, seperti ketersediaan pupuk dan bibit yang terkadang kurang memadai.

“Harapan kita petani di sini perhatian dari pemerintah, pupuknya, bibitnya harus diperhatikan, dengan pengairannya,” tegas Sampurno, menyatakan kebutuhan untuk dukungan lebih lanjut dari pemerintah.

Komentar