Headline

Kelakar Rocky Gerung Tanya Anies, Demi Saya? Apakah Akan Batalkan UU ITE

Beno
×

Kelakar Rocky Gerung Tanya Anies, Demi Saya? Apakah Akan Batalkan UU ITE

Sebarkan artikel ini

JurnalPatroliNews – Jakarta – Rocky Gerung bertanya ke calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan terkait sikapnya terhadap Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Rocky mengatakan jika nantinya Anies menjadi Presiden RI apakah UU ITE itu akan dibatalkan.

Tantangan dari demokrasi adalah UU ITE Anda bayangkan kenapa saya harus ulas itu, karena saya akan kena undang-undang itu. Jadi pertanyaan saya, apakah Anies akan membatalkan undang-undang itu demi saya yang sahabatnya?,” kata Rocky berkelakar dalam diskusi Sarasehan Nasional 2023 Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (18/11/2023).

JPN - advertising column


Example 300x600
JPN - advertising column

Rocky mengatakan demokrasi merupakan jaminan primer sebagai kebebasan untuk berpikir. Menurut Rocky kritik yang musti dilakukan dengan cara sopan dan santun membatasi seseorang untuk menyampaikan pendapat.

“Nggak mungkin ada pikiran tidak diucapkan dengan berpendapat, poin saya adalah kita sekarang dibikin dungu karena nggak mampu mengucapkan pendapat karena akan dihadang dengan kalau Rocky berpendapat musti sopan dan santun,” ujar dia.

“Saya akan sopan dan santun pada ulama, saya akan sopan satun pada orang tua. Saya nggak mungkin sopan dan santun pada pejabat. Kasih kritik tapi sopan, artinya jangan kasih kritik,” sambungnya.

Ia lantas mengembalikan kembali pertanyaan itu ke Anies Baswedan. Apa sikapnya dalam kebebasan berpendapat di Undang-Undang ITE.

“Jadi saya ingin Anies menjawab itu, apa alasan utama. Kita harus menghasilkan pikiran, kita harus mengucapkan pendapat, kita harus bertengkar dengan pendapat.

Lantas, apa jawaban Anies?

Penulis: lk/*Editor: Beno