Kelakar Rocky Gerung Tanya Anies, Demi Saya? Apakah Akan Batalkan UU ITE

Pada sesi yang sama, Anies menjawab jika pernyataan Rocky bukan sekadar soal UU ITE dibatalkan atau tidak. Anies menyatakan berkali-kali jika UU ITE itu akan direvisi tetapi apa dasar pertimbangannya.

“Dia tidak bertanya tentang ITE itu Anda akan hapus atau tidak, bukan. Kalau itu gampang jawabnya, iya itu akan direvisi, iya itu akan dikoreksi, itu sudah dikatakan berkali-kali. Tapi, Bung Rocky tidak tanya itu. Ia tanya mengapa itu harus direvisi? Apa dasar pikirannya itu harus direvisi? tanyanya lebih dalam daripada itu,” jawab Anies.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan yang terpenting dari kritik adalah subtansimya. Ia menyebut sudah sepatutnya para pengkritik diberikan ruang supaya menjadi evaluasi.

“Ketika bicara tentang kritik, sebuah kritik itu subtansimya, mau caranya seperti apa, itu urusan pengkritik bukan urusan pendengar,” kata Anies.

“Urusan pengkritik, mau dengan cara yang santun, cara tidak santun, itu urusan pengkritik. Tapi bagi yang dikritik subtansinya harus dijawab, harus dijelaskan dan harus diberikan ruang itu,” pungkasnya.

Komentar