Mencegah Pelecehan Seksual di Angkutan Umum, Ini 4 Alat Pelindung Dari Yang Wajib Dibawa

JurnalPatroliNews – Jakarta – Perempuan memang sering kali menjadi sasaran empuk para pelaku pelecehan seksual di tempat umum, salah satunya dalam angkutan umum seperti kereta api, bus, dan berbagai angkutan umum lainnya.

Maka dari itu, penting sekali bagi para perempuan untuk selalu membekali dirinya dengan alat pelindung diri yang mudah dibawa ke mana-mana, agar bisa menghindarkannya dari pelecehan seksual di angkutan umum.

 Lantas, alat pelindung diri apa saja yang harus selalu disimpan dalam tas yang bisa melindungi dirinya dari para pelaku pelecehan seksual di angkutan umum? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar peralatannya.

1. Parfum

Alat pelindung diri yang pertama adalah parfum. Bagi sebagian orang, parfum mungkin hanya digunakan untuk membuat tubuh menjadi wangi, tapi nyatanya manfaat parfum lebih dari itu lho.

Parfum bisa digunakan sebagai alat pelindung ketika kamu mengalami pelecehan seksual di angkutan umum.  Kamu bisa menyemprotkan cairan parfum tepat ke mata si pelaku pelecehan tersebut, sehingga dia merasakan perih pada mata.

Saat itulah kamu bisa mengambil kesempatan untuk melarikan diri dan mencari tempat yang lebih aman.

2. Gunting Kuku

Alat pelindung diri yang kedua adalah gunting kuku. Dibalik bentuknya yang mungil, tapi jangan anggap remeh gunting kuku ya.

Sebab dalam gunting kuku pasti terdapat pisau kecil yang biasanya digunakan untuk membersihka kotoran kuku. Nah, benda ini bisa kamu gunakan untuk melindungi diri dari pelaku pelecehan seksual.

3. Bedak Tabur

Selanjutnya ada bedak tabur yang juga bisa kamu jadikan senjata saat mengalami pelecehan seksual di angkutan umum. Kamu bisa mengecoh para pelaku pelecehan seksual dengan cara menaburkan bedak tabur tadi tepat ke mata mereka.

Ketika mereka merasa kesakitan karena mata mereka telah kemasukan bedak, saat itulah kamu melarikan diri untuk mencari pertolongan.

4. Cutter

Terakhir adalah cutter. Pisau kecil yang biasanya digunkaan untuk menyobek kertas ini bisa kamu jadikan senjata saat kamu berada dalam posisi terjepit.

Sedikit berbahaya, tapi jika tidak ada alat pelindung lainnya, cutter bisa menjadi satu-satunya cara untuk digunakan agar kamu bisa lari dari pelaku pelecehan seksual.

Nah, itu tadi beberapa alat pelindung diri yang bisa kamu gunakan saat mengalami pelecehan seksual di angkutan umum atau di tempat yang lain. Jangan sampai lengah, karena kejahatan seksual bisa terjadi kapan saja.

Komentar