Meningkatkan Transformasi Digital dan Cyber Scurity, Menkominfo Bertandang ke Portugal Untuk Kerja Sama

JurnalPatroliNews– Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melakukan pertemuan dengan Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal Mario Campolargo. Dalam pertemuan tersebut, dibahas kerjasama transformasi digital hingga keamanan data.

“Kami banyak mendiskusikan berkaitan dengan transformasi digital di banyak hal mulai dari upstream infrastructure sampai downstream, dan cyber security,” kata Menkominfo saat ditemui usai pertemuan yang berlangsung di Kantor Menteri Sekretaris Negara bidang Digitalisasi dan Modernisasi Administratif Portugal, Lisbon, Jumat siang waktu setempat (23/9/2022).

Johnny menilai hubungan antara Indonesia dan Portugal sudah berjalan sangat baik. Namun lantaran saat ini Uni Eropa melakukan pendekatan dengan Asia Pasifik, maka perlu memperkuat hubungan bilateral kedua negara khususnya di bidang digital.

“Kita bisa menggunakan Network Portugal untuk Cross Atlantis ke Pantai Timur Amerika dan di saat yang bersamaan kita sedang membangun hubungan fiber optic dari Indonesia melalui Pasifik ke Pantai Barat Amerika. Kalau ini bisa kita lakukan dengan baik maka tentu akan memperlancar dan mempermudah komunikasi secara global,” paparnya.

“Portugal sendiri punya banyak network, yang menghubungkan antara Portugal dengan Selatan sampai Afrika, di wilayah Mediterania dan Amerika Selatan dan Tengah. Jadi ini kalau melakukan koneksi infrastruktur khususnya transmisi data melalui fiber optic, kita akan bisa lebih efisien,” imbuh Menkominfo.

Johnny mengatakan Indonesia dan Portugal memiliki tantangan yang sama dalam hal cyber security. Karenanya, kedua belah pihak turut mengedepankan kerja sama keamanan data, tidak saja di ranah pemerintahan namun juga sektor privat.

Komentar