Meski Sulit, Menlu Retno: Satu Keluarga WNI Berhasil Dievakuasi dari Jalur Gaza Ke Mesir!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Pemerintah RI menyampaikan, satu keluarga Warga Negara Indonesia (WNI), berhasil dievakuasi dari Jalur Gaza, Palestina. Kementerian Luar Negeri, menerima kabar tersebut pada Minggu, (12/11/23), pukul 18.00 WIB.

Retno Marsudi, Menteri Luar Negeri, menyatakan, keluarga WNI tersebut, saat ini sudah berada di wilayah Mesir bersama dengan tim evakuasi KBRI.

“Selanjutnya, mereka akan dibawa ke Kairo dan akan dipersiapkan kembali ke Indonesia,” ujar Retno, yang mendampingi Presiden Joko Widodo dalam perjalanan dari Arab Saudi ke Amerika Serikat, seperti dalam video yang dibagikan Biro Pers dan Media Istana.

Pemerintah telah berhasil mengevakuasi empat WNI dari jalur Gaza ke Kairo, Mesir pada Kamis, 2 November 2023.

Satu keluarga WNI yang berhasil di evakuasi ke Mesir pada Kamis (2/11/23) lalu, terdiri seorang bapak beserta 3 anak, dan istri yang merupakan warga negara Palestina. Mereka berhasil dievakuasi, setelah menempuh perjalanan sejauh 367 kilometer dari Rafah ke Kairo.

Dengan demikian, maka tinggal menyisakan tiga WNI yang memilih untuk menetap di sekitar Rumah Sakit Indonesia. Ketiganya, memutuskan untuk tetap tinggal di Gaza.

Retno mengungkapkan, proses evakuasi ini memakan waktu yang cukup lama. Sempat ada isu, bahwa nama-nama keluarga tersebut tidak masuk list evakuasi, hingga pintu perbatasan tidak dibuka dengan berbagai alasan situasi dilapangan.

“Proses panjang ini sekali lagi menunjukkan, bahwa proses evakuasi sangat tidak mudah. Namun, upaya kita terus kita lakukan secara maksimal,” ungkapnya.

Ia membeberkan, selama hampir satu pekan berada di Timur Tengah, Dirinya terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak, untuk memastikan mereka dalam keadaan baik.

Komentar