Pesawat Wings Air Ditembak KKB Saat Akan Mendarat di Bandara Yahukimo

JurnalPatroliNews – Yahukimo – Yohanis Kapiyau Timika Letkol Pnb Kamto Adi Saputra, Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Danlanud), menyebutkan bahwa pesawat Wings Air ATR 72-600 dengan registrasi PK-WJT mengalami insiden ditembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ketika hendak mendarat di Bandara Nop Goliat, Yahukimo, Papua Pegunungan. Peluru yang ditembakkan diduga telah menembus kabin pesawat.

Menurut keterangan Danlanud Kamto Adi Saputra, pesawat Wings Air ATR 72-600 PK-WJT telah mendarat di Bandara Udara Mozes Kilangin Timika sejak Sabtu (17/2/24).

“Jadi kronologinya itu, Pesawat Wings Air ATR 72-600 PK-WJT terbang dari Bandara Udara Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua tujuan Yahukimo, saat akan mendarat ditembak oleh orang tak dikenal pada Sabtu (17/2), pukul 13.14 WIT,” kata Kamto seperti dilansir Antara, Minggu (18/2/24).

Kamto mengatakan, adapun insiden penembakan terjadi pada lobi sisi kiri belakang pesawat, yang kemudian pelurunya menembus kabin bagian belakang hingga mencapai kursi nomor 19A.

“Pesawat ini mengalami insiden penembakan pada lobi sisi kiri belakang, kemudian tembus kabin belakang penumpang dengan nomor kursi 19 A,” tambahnya.

Lebih dari itu, Kamto menjelaskan bahwa penembakan ini diduga dilakukan oleh KKB yang berada di seberang Sungai Braza, tepatnya di Ujung Runway 07 Bandara Udara Nop Goliat Dekai, Yahukimo.

“Untuk sementara kondisi Pilot, Co Pilot dan penumpang lainnya dalam keadaan selamat, serta tidak terdapat korban dalam kejadian ini,” paparnya.

Ia menyatakan, adapun kru pesawat terdiri dari Pilot Rivaldy Putrasena, Co-Pilot Rani Avianto, serta dua orang pramugari, Nadia Angela Rempas dan Caroline Aprilia.

“Pilot Rivaldy Putrasena, Co-Pilot, dan dua pramugari dari pesawat Wings Air ATR 72-600 PK-WJT selamat dari insiden penembakan di Bandara Udara Nop Goliat Dekai, Yahukimo,” tambahnya.

Komentar