Sambut Baik Pidato Jokowi Soal Sukarno Pahlawan Nasional, Hasto: Gus Dur Saja Minta Maaf Ke Keluarga Korban ’65’

JurnalPatroliNews – Jakarta – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menegaskan Presiden ke-1 RI Sukarno pahlawan nasional dan bukan pengkhianat bangsa. Hasto menyebut harusnya negara memberi respons lanjutan usai menegaskan Sukarno pahlawan nasional.

Hasto awalnya bicara soal bagaimana dunia menerima sosok Sukarno. Dia menyebut bahkan pemikiran Sukarno masih relevan sampai saat ini.

“Pengaruh pemikiran Bung Karno di dalam pidato di PBB To Build The World a New saja itu masih memiliki relevansi yang sangat kuat tentang pentingnya reformasi PBB. Dunia menerima Bung Karno bahkan di konferensi Islam Asia Afrika, Bung Karno juga mendapat gelar sebagai pendekar pembebas dan pahlawan kemerdekaan bangsa Islam,” kata Hasto di makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Kamis (10/9/2022).

Hasto mengatakan pemikiran Sukarno itu tidak disambut baik di Indonesia. Dia menyampaikan Sukarno justru menjadi sasaran penindasan tirani dan kepentingan politik.

“Lalu di dalam negeri masih ada berbagai intervensi kepentingan-kepentingan politik tertentu dan sejarah akhirnya membuktikan kebenarannya, sejarah tidak bisa dibendung oleh berbagai penindasan Tirani,” ucapnya.

Hasto menyambut baik penegasan Jokowi beberapa hari lalu soal Sukarno pahlawan nasional. Menurut Hasto penegasan itu menandakan kalau pemerintah saat ini mengakui jasa besar Sukarno.

“Sehingga apa yang disampaikan oleh Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa Bung Karno adalah proklamator dan pahlawan nasional yang jasa-jasanya sangat besar bagi Indonesia dan juga bagi dunia,” imbuhnya.

Komentar