Sambut Baik Pidato Jokowi Soal Sukarno Pahlawan Nasional, Hasto: Gus Dur Saja Minta Maaf Ke Keluarga Korban ’65’

Hasto tidak melihat adanya respons lanjutan dari negara usai memperlakukan Sukarno sedemikian rupa di masa lalu. Padahal, menurutnya Presiden ke-4 Gus Dur bahkan pernah meminta maaf kepada keluarga korban tragedi 1965.

“Ya kalau kita lihat, konstalasi yang terjadi pada tahun ’60an kan, konstelasi perang dingin, Gus Dur saja menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga korban ’65. Kita tahu bagaimana perlakuan dari pemerintahan yang sangat otoriter saat itu terhadap Bung Karno dan juga keluarganya,” ujarnya.

Lebih jauh, Hasto mengungkit bagaimana Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri bahkan menjadi korban penindasan tirani saat itu. Atas dasar itu lah, Hasto berpandangan harusnya negara beri respons lebih jauh selain penegasan Sukarno pahlawan nasional.

“Sampai misalnya Ibu Megawati Soekarnoputri untuk sekolah saja, itu tidak bisa melanjutkan kuliahnya karena aspek aspek politik,” lanjut dia.

“Nah ini tentu saja apa yang diartikan sebagai suara kebenaran itu juga sebaiknya direspons oleh pemerintah,” imbuh dia.

Komentar