Soal Perang Hamas-Israel, Jokowi: Indonesia Tak akan Tinggal Diam!

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo bakal mengambil tindakan terkait situasi perang Hamas – Israel di Gaza. Ia pun mengecam keras tindak kekerasan yang terjadi.

Indonesia tidak akan tinggal diam melihat korban sipil terus berjatuhan, melihat ketidakadilan terhadap rakyat Palestina yang terus terjadi,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers, di Riyadh, Arab Saudi, Kamis (19/10/2023).

Jokowi mengatakan Indonesia bersama Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) bakal mengirimkan pesan kuat kepada dunia untuk menghentikan eskalasi yang terjadi, termasuk menghentikan penggunaan kekerasan dan fokus pada masalah kemanusiaan dan menyelesaikan akar permasalahan, yaitu pendudukan Israel atas Palestina.

“Sekarang saatnya dunia berdiri bersama membangun solidaritas global untuk menyelesaikan masalah Palestina secara adil dan menerapkan parameter internasional yang telah disepakati,” katanya.

“Ini akan terus Indonesia suarakan di berbagai kesempatan dan forum internasional termasuk saat bilateral dengan Perdana Menteri Arab Saudi dan di KTT ASEAN – GCC (Gulf Cooperation Council) besok,” kata Jokowi.

Eks Gubernur DKI Jakarta menegaskan posisi Indonesia mengecam keras atas tindakan kekerasan yang terjadi di Gaza, karena mengakibatkan penderitaan hingga banyaknya korban sipil seperti anak-anak dan perempuan.

Selain itu ia juga mengutuk serangan Israel terhadap rumah sakit Al Ahli. Menurutnya ini adalah pelanggaran hukum internasional.

“Ini jelas pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional sehingga saya perintahkan menteri luar negeri untuk hadir dalam pertemuan luar biasa para Menlu OKI di Jeddah kemarin serta untuk terus mengupayakan evakuasi WNI yang saat ini masih terkendala kondisi lapangan,” kata Jokowi.

Komentar