Soal Perang Israel-Hamas, 57 Negara Islam Titip Pesan Buat Joe Biden Lewat Jokowi

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membawa pesan khusus dari hasil pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi. Pesan itu merupakan hasil resolusi 57 negara Islam terkait perang Israel dengan Hamas.

Alhamdulillah KTT OKI menghasilkan resolusi berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Pesan ini akan saya sampaikan kepada Presiden AS Joe Biden,” kata Jokowi, mengutip siaran Sekretariat Presiden, Senin (13/11/2023).

Menurut Jokowi, pesan itu merupakan suara dari 1/3 negara di dunia atau 57 negara islam yang hadir dalam KTT Luar Biasa OKI di Riyadh, Arab Saudi beberapa waktu lalu.

“Selain itu saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta secara khusus untuk menyampaikan kepada Presiden Biden,” tutur Jokowi.

Pesan yang ingin disampaikan mulai dari gencatan senjata yang harus segera diwujudkan hingga percepat dan perbanyak bantuan kemanusiaan.

Selain itu juga, perundingan damai harus segera dimulai dan fasilitas publik serta kegiatan kemanusiaan tidak boleh lagi menjadi sasaran serangan. Adapun pesan tegas yang ingin disampaikan adalah pertanggungjawaban atas tindakan kekejaman yang dilakukan.

“Dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” ucap Eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga akan memberikan dukungan penuh bagi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang terpilih sebagai salah satu perwakilan yang diberikan kepercayaan oleh pemimpin OKI mengupayakan perdamaian di Palestina.

Adapun Jokowi menyuarakan pentingnya menghormati hukum humaniter internasional. Ia pun berjanji akan terus mengupayakan perlindungan WNI dan fasilitas publik termasuk Rumah Sakit Indonesia di Palestina.

Komentar