Sukses Luar Biasa, Zulhas: Semua Negara Puji Jokowi & Indonesia, KTT ASEAN Resmi Ditutup

JurnalPatroliNews – Jakarta – Perhelatan KTT ASEAN Ke-43 di Indonesia telah resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta Convention Center, hari ini. Hal itu juga menandai berakhirnya Keketuaan ASEAN oleh Indonesia dan selanjutnya diserahkan ke Laos.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) yang turut hadir dalam penutupan tersebut mengatakan semua tamu yang hadir merasa senang dan memuji Indonesia.

“Semua negara memuji Presiden Jokowi dan Indonesia atas keketuaan ASEAN, sukses luar biasa. Jadi kalau lulus sumacumlaude. Sehingga kata kawan-kawan di ASEAN susah menyaingi-nya. Hampir semuanya teman-teman kita (memuji) termasuk dari Kanada, Amerika, dan lain-lain,” ujar Zulhas usai menghadiri penutupan, Kamis (7/9/2023).

Lebih lanjut Ketua Umum PAN ini juga mengatakan suksesnya Indonesia dalam keketuaan ASEAN ditunjukkan bukan hanya dalam pelaksanaan rangkaian acara saja, tetapi juga sukses dalam substansinya.

Hal itu bisa dilihat dari berhasilnya merumuskan perjanjian kerja sama ASEAN-CEPA dengan Tiongkok, Korea Selatan, Jepang, dan negara lainnya.

“Kita juga berhasil, Kemendag paling depan, juga menandatangani ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Area (AANZFTA) itu berhasil. Itu yang tadi disampaikan perdana menteri Australia, juga tadi ditanggapi Singapura,” terang Zulhas.

Zulhas menambahkan kegiatan ini juga berhasil merumuskan kerja sama di bidang pangan, security, digitalisasi, perdamaian di kawasan, konektivitas, dan perdagangan. Ke depannya, perdagangan itu diharapkan digital menjadi satu kesatuan, digital paperless, dan juga kerja sama di bidang keamanan dan ketertiban.

Komentar