Urai Kerumunan Pasar Anyar, Jl. Sawo Barat Ditutup Dari Kendaraan Bermotor

JurnalPattoliNews – Buleleng – Guna mengurai kerumunan pedagang di Pasar Anyar, Singaraja. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar akan menutup akses Jl. Sawo Barat dari kendaraan perdagangan dan persaingannya untuk tempat berjualan untuk para pedagang. Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, saat ditemui seusai, pertemuan rapat, koordinasi, protokol kesehatan di pasar tradisional di ruangannya pada Kamis (02/07).

Terkait hal itu, Sekda Suyasa menjelaskan tujuan kebijakan itu sesuai dengan arahan Sekda Provinsi Bali agar penerapan kebijakan kesehatan di pasar tradisional seluruh Bali Meningkatkan.

Dalam implementasi mengimplementasikannya melengkapi penataan ulang pedagang di pasar untuk mengurai kerumunan.

Untuk itu, dari hasil kajian dan pembahasan yang telah dilakukan bersama pihak terkait, pihaknya memutuskan untuk menutup Jl. Sawo Barat dari kendaraan bertarung dan menjadikannya tempat khusus untuk berjualan khusus bagi para pedagang ikan yang mendapat banyak kebutuhan seluruh pelataran pasar dan Jl. Sawo. Waktu penutupannya dijadwalkan akan berlangsung pagi hari mulai pukul 06.00 sd 10.00 Wita.

“Jam 10 Jalan Sawo dibuka, bisa sebagai jalur transportasi” imbuhnya.

Sementara untuk parkir kendaraan akan dipindahkan di sisi barat Jl. Diponegoro agar tidak lagi parkir di Jl. Sawo.

Selain penutupan Jl. Sawo, pihaknya juga akan meningkatkan pengawasan pada 4 pintu masuk Pasar Anyar di mana menempatkan 3 di sebelah barat dan 1 di sebelah selatan. Pengawasan itu dilakukan untuk memastikan agar protokol kesehatan di Pasar Anyar terlaksana dengan baik.

BACA JUGA : Sekretaris Gugas Covid-19 Nyatakan Pemkab. Buleleng Siap Jalani Baru Normal

“Nanti di sana ada tempat cuci tangan, ada posko, dan ada satgas yang menyetujui dan mewajibkan yang datang untuk cuci tangan dan pakai topeng,” kata mantan Asisten III Setda Kabupaten Buleleng yang menandaskan.

BACA JUGA : Trend Kesembuhan Pasien Covid-19 Buleleng Meningkat, Masyarakat Dihimbau Jangan Lengah

Sejalan dengan Sekda Suyasa, Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Buleleng Made Agus Yudiarsana ditemui di tempat yang sama mengatakan, sesuai dengan arahan yang telah diberikan, pihaknya akan membuat Satuan Tugas (Satgas) dari Unit Pasar Anyar sebagai Tim Pengawas.

Terkait pelaksanaanya, hal itu akan dilakukan segera setelah pihaknya membentuk Satgas tersebut.

(TiR).-

Komentar