Kanwil ATR/BPN Sulut Adakan Sosialisasi Pencegahan Sengketa,Konflik Dan Perkara Pertahanan

JurnalPatroliNews – Manado – Nahkoda baru Kantor Wilayah ATR/BPN Sulawesi-Utara Jaconius Walalayo, SH.MH mengadakan Sosialisasi pencegahan sengketa, konflik dan Perkara Pertanahan di lingkungan kantor Wilayah Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi-Utara.

Untuk menambah motivasi dan semangat di jajaran Kanwil ATR/BPN Sulut pada sosialisasi tersebut di hadirkan Narasumber dari luar jajaran ATR/BPN disamping Kakanwil BPK Jacconius Walalayo,SH,MH.
AKBP Farly A Rewur,S.H,M.M sebagai Kasubid 2 Direktur Reserse Kriminal Umum Polisi Daerah Sulawesi Utara yang membawakan materi ” Faktor Pendorong Terjadinya Tindak Pidana Pertanahan”

Anthony Nainggolan,S.H,M,H Asisten Tindak Pidana Umum Kajati Sulut dengan materi ” Strategi Pencegahan Terjadinya Tindak Pidana Pertanahan”

Relly Dominggus Behuku,S.H,M. Ketua Pengadilan Manado membawakan Materi ” Praktek Problematika Pelaksanaan Putusan Terkait Objek Pengadaan Tanah”

Dari aktivis LSM Rumah Nusantara Andreas A Sabawa sebagai Peneliti menyampaikan Materi ” Praktek Kejahatan Pertanahan dan Kesadaran Masyarakat Untuk Mensertifikatkan Tanahnya.

Kakanwil ATR/BPN SULUT menyampaikan bahwa akan berperan aktif dalam menyelesaikan mafia tanah di Sulawesi-Utara sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

Mafia Tanah merupakan individu atau sekelompok individu yang mempunyai kekuatan baik secara finansial serta sumberdaya manusia yang mumpuni,cara kerja yang tersistematis sehingga dapat mengadakan sertifikat Tanah dan sejenisnya.

Mafia bisa berbentuk per-Orangan maupun kelompok. Namun masyarakat juga harus memahami secara eksplisit jangan segala bentuk sengketa tanah lansung di sematkan bahwa kasus tersebut adalah ulah dari mafia tanah.

Menyelesaikan kasus mafia tanah memang bukanlah sebuah perkara yang mudah tetapi kami akan berupaya semaksimal mungkin, selain itu kami juga akan memasifkan pelayanan publik berbentuk Digital terkait kepengurusan tanah di lingkungan kantor Wilayah Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi-Utara. Pungkasnya

Kegiatan sosialisasi terlaksana dengan baik dimulai pukul 12.00 -Selesai pada hari Kamis, 13 April 2023 bertempat di Hotel Grand Whiz Kawasan Mega Mas Manado.

Komentar