Soal Tes Urine Masuk Kampus, Polda Metro Bilang BEM SI Salah Persepsi

JurnalPatroliNews – Jakarta – Wacana polisi menggelar tes urine di kampus-kampus Jakarta dipertanyakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI). Polda Metro Jaya meluruskan bahwa tes urine tidak hanya berfokus kepada mahasiswa, tetapi ke semua kalangan profesi.

“Tidak ada pernyataan kami (tes urine) hanya untuk mahasiswa, jika teman-teman menyimak detail runutan paparan/pernyataan lengkap kami pada tanggal 19 Oktober 2022,” kata Direktur Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa, kepada rekan media, Sabtu (29/10/2022).

Kombes Mukti Juharsa menegaskan tes urine akan dilakukan kepada semua pihak untuk menurunkan angka prevalensi narkoba di semua kalangan masyarakat.

“Tentunya Ditnarkoba akan fokus menurunkan bagaimana angka prevalensi narkoba ya, siapapun, umur berapapun, profesi apapun, dan di manapun akan jadi fokus kami,” ujar Mukti.

Mukti menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan pihak kampus yang sekiranya membutuhkan pengawasan terhadap mahasiswanya. Jika ada permintaan untuk pelaksanaan tes urine kepada mahasiswa, kata Mukti, pihaknya siap untuk melaksanakannya.

“Jadi ini salah persepsi bahwa kita akan lakukan tes itu (kepada mahasiswa). Jadi kita akan mencoba kerja sama dengan para universitas, jika dibutuhkan untuk tes urine, kita siap, untuk membantu mahasiswa maupun dengan universitas,” kata dia.

Komentar