Bandara Bali Utara Keinginan Masyarakat Buleleng Pemerintah Hanya Memberikan Persetujuan Dan Dukungan

JunarpatroliNews – Buleleng – Bandar Udara (Bandara) Bali Utara merupakan keinginan masyarakat, bahkan dalam proses pembangunan nantinya tidak membebani APBN dan pemerintah hanya memberikan persetujuan dan berbagai ijin yang diperlukan.

Hal itu terungkap dalam pertemuan tokoh masyarakat, akademisi, tokoh adat, tokoh penglingsir serta 13 Perbekel (kepala desa) se Kecamatan Kubutambahan bersama Jendral Pol (purn) Sutarman, Direktur Utama PT BIBU Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo, Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh Gianyar A.A Alit Kakarsana dan Penglingsir Puri Agung Singaraja sekaligus GM PT. BIBU Panji Sakti
A.A. Ngurah Ugrasena. Yakni Pertemuan yang berlangsung di Kantor PT BIBU di Desa Kubutambahan,
Sabtu 28 Januari 2023 sebagai bentuk untuk menyamakan persepsi masyarakat Buleleng melalui para tokoh masyarakat, akademisi, tokoh adat dan tokoh agama serta penglingsir puri.

Kelian Adat Buleleng Nyoman Sutrisna menginginkan agar bandara Bali utara dapat diwujudkan karena akan sangat berpengaruh pada pembangunan ekonomi, bahkan mantan Kepala Dinas Pariwisata Buleleng ini berharap gagasan PT BIBU untuk membangun bandara mengapung dilaut dapat terwujud dengan tetap memperhatikan kondisi biota laut sekelilingnya. “Kami support dan dukung rencana BIBU membangun bandara (dilaut) dengan tetap memberi perhatian dan tidak menggangu keberadaan trumbu karang sekitarnya,sereta tetap memelihara aspek budya serta lokal geniusnya, ”ujar Sutresna.

Hal senada diungkapkan, Kepala Desa/Perbekel Desa Bukti Gede Wardana,dimana dalam rencana pembangunan bandara itu sejak awal pihaknya bersama kepala desa sekitar telah mendukung rencana BIBU membangun bandara dilaut. ”Atas nama perbekel saya mendukung rencana pembangunan bandara yang diajukan oleh BIBU. Sebagai bukti dukungan, maka kami menyiapkan lahan utk dikelola oleh BIBU untuk kepentingan pendukung bandara di laut, bila diperlukan,”tegas Wardana.

Penglingsir Puri Ageng Blahbatuh, Gianyar A.A. Alit Kakarsana dalam pertemuan itu mengatakan, konsep pembangunan air port kedua di Bali oleh BIBU yang dirancang lebih cantik akan menjadi solusi kedepan untuk Bali bisa lebih maju. ”Selain mengurangi susasana krodit bandara yang sudah ada,paling tidak akan menjadi solusi kedepan agar kita bisa lebih maju,lebih sejahtera dan lebih seimbang antara selatan dan utara.Itu antara lain pertimbangan dari dukungan Puri se Bali agar bandara Bali Utara segera terwujud,” ucap Alit Kakarsana.

Komentar