Bakal Diberi Dana Rp300 Triliun, Indonesia Tagih Janji Biden

JurnalPatroliNews – Bali, – Negara-negara maju yang tergabung dalam G7, telah berkomitmen memberikan dana Transisi Energi Khusus untuk Indonesia, melalui inisiatif Just Energy Transition Partnership (JETP) senilai US$ 20 miliar, atau sekitar Rp 311 triliun (asumsi kurs Rp 15.564 per US$).

Program JETP ini, utamanya dipimpin oleh Amerika Serikat dan Jepang. Komitmen pendanaan transisi energi ini, dilontarkan Presiden AS Joe Biden pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, Selasa (15/11/22) silam.

Dadan Kusdiana, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, menuturkan, saat ini Pemerintah masih melakukan pembahasan berkaitan dengan program JETP. Pembahasan tersebut, berkaitan dengan komitmen pendanaan.

“JETP masih terus dilakukan pembahasan, khususnya terkait komitmen pendanaan. Indonesia, menginginkan support yang lebih riil, tidak business as usual, misalkan melalui commercial loan,” ujar Dadan kepada CNBC Indonesia, dikutip Kamis (11/3/23).

Diketahui, Joe Biden, Presiden Amerika Serikat (AS), sempat mengatakan, pihaknya dan Negara-negara maju yang tergabung dalam G7, berkomitmen mendanai hingga US$ 20 miliar, untuk mempercepat pelaksanaan transisi energi di Indonesia, khususnya untuk meninggalkan penggunaan batu bara sebagai sumber energi.

Komentar