Bakal Diberi Dana Rp300 Triliun, Indonesia Tagih Janji Biden

Dalam KTT G20 di Bali, Biden menyatakan, komitmen US$ 20 miliar ini dalam rangka mendukung pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT), dan mendukung percepatan transisi energi melalui penghentian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) batu bara.

“Kami dengan Indonesia dan Jepang, bersama-sama menciptakan Just Energy Transition Partnership (JETP), untuk mencapai Net Zero Emissions (NZE). Bersama kita memobilisasi US$ 20 miliar dalam pengembangan EBT, dan mendukung transisi energi untuk menjauhi batu bara. US$ 20 miliar itu, ambisi institusi keuangan untuk transisi energi yang bisa dirasakan dampaknya untuk dunia,” katanya.

Biden menambahkan, ini juga bisa digunakan untuk mendorong proyek berbasis energi terbarukan, seperti mendukung pengembangan kendaraan listrik dan teknologi.

“Ini juga bisa menciptakan lapangan kerja dan bisa berkontribusi untuk mengurangi dampak perubahan iklim global,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan, G7 secara resmi meluncurkan pendanaan global, untuk infrastruktur dengan mobilisasi pendanaan hingga US$ 600 miliar, untuk lima tahun ke depan.

“Ini untuk pembangunan berkualitas, infrastruktur berkelanjutan, dan investasi rendah karbon untuk Negara-negara berpenghasilan menengah (Negara berkembang),” tandasnya.

Komentar