Bantuan Alkes dari Singapura Tiba di Lanud Halim Perdanakusuma

JurnalPatroliNews, Jakarta – Pemerintah Singapura melalui Kedutaan Besarnya di Jakarta mengirimkan Alat Kesehatan (Alkes) untuk dipergunakan oleh Rumah Sakit khusus Covid-19 dan Nakes yang tengah bertugas di lapangan.

Adapun bantuan tersebut telah mendarat di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Jumat (9/7/2021).

Bantuan Alkes itu diangkut mengunakan dua pesawat Hercules SAF 9179 & SAF 9180 milik Republic Singapore Air Force (RSAF). Setibanya di Lanud Halim Perdanakusuma, langsung diserahterimakan secara simbolis oleh Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar kepada Menteri Luar Negeri yang diwakili oleh Kepala Biro Umum Kemlu Sigit S Widiyanto.

Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto menuturkan, bahwa bantuan Alkes dari pemerintah Singapura yang diangkut menggunakan dua pesawat Hercules dengan berat masing-masing 5 ton ini berupa ventilator, tabung kosong oksigen, masker bedah, dan APD.

“Seluruh Alkes bantuan pemerintah Singapura selanjutnya akan disalurkan kepada Kemenkes, Kemhan dan Mabes TNI yang kemudian akan diserahkan ke tiga Angkatan untuk segera didistribusikan penggunaannya,” ujar Danlanud dalam keterangan pers, Jumat (9/7/2021).

Sebelum meninggalkan pangkalan, seluruh Alkes diperiksa kelengkapan dokumennya oleh tim Bea Cukai Halim Perdanakusuma. Kemudian untuk bantuan tabung isi oksigen akan dikirim melalui jalur laut dan akan tiba di Indonesia pada hari Rabu (14/7/2021) melalui pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menggunakan kapal milik pemerintah Singapura.

Secara rinci bantuan Alkes dari pemerintah Singapura yaitu 220 ventilator, 756 unit tabung isi oksigen konsentrat, 600 Philips Respironics Everflo Oxygen Concentrators, 75.000 buah masker bedah, 25.000 buah masker N95, 2.000 pasang sarung tangan bedah, 1.000 tutup kepala bedah OKA dan 1.000 pakaian APD.

(sdn)

Komentar