Didampingi Prabowo, Kirim 4 Pesawat, Jokowi Lepas Bantuan 140 Ton Logistik untuk Korban Gempa Turki dan Suriah

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pemerintah Indonesia kembali memberangkatkan bantuan untuk korban gempa Turki dan Suriah. Pemberangkatan bantuan dilepas langsung oleh Presiden Indonsesia, Joko Widodo pagi ini.

Pemberian bantuan dilepas secara simbolis oleh Presiden dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pada pelepasan itu Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, dan Duta Besar Republik Turki untuk Indonesia Ahmet Cemil Miroglu serta beberapa perwakilan kedutaan Turki di Indonesia.

Pantauan rekan media di Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (21/2/2023), upacara dimulai pukul 08.35 WIB. Sebelum upacara, Presiden melakukan pengecekan terhadap logistik dan pesawat yang akan dikirimkan.

Adapun bantuan kemanusiaan tahap 3 kali ini berupa dukungan logistik utama. Bantuan diberangkatkan menggunakan 4 pesawat menuju Turki dan Suriah.

“Diplomasi kemanusiaan terus menerus dilakukan oleh negara kita Indonesia. Pada pagi hari ini kita akan mengirimkan empat pesawat ke Turki dan Suriah yang berisi 140 ton bahan makanan dan bahan-bahan logistik lainnya yang diperlukan di sana,” kata Jokowi saat pelepasan bantuan kemanusiaan tahap 3 itu.

Kita harapkan apa yang dapat kita kirimkan ini dapat membantu Saudara-saudara kita di sana,” tambahnya.

Sebelumnya pada Sabtu (11/2) pemerintah Indonesia telah mengirimkan bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk membantu korban terdampak gempa di Turki. Pemerintah mengirimkan 62 personel tim penyelamat untuk membantu mencari korban yang tertimbun reruntuhan bangunan selama masa kritis.

Untuk bantuan tahap kedua, yakni kebutuhan dokter dan ahli kesehatan yang akan menangani penyakit menular.

Komentar