Din Syamsuddin Bandingkan Era Soeharto VS Era Jokowi: Era Sekarang, Bahaya…

JurnalPatroliNews, Jakarta – Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, ikut membandingkan masa kepemimpinan Soeharto dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, saat ini pemerintah memfokuskan pembangunan infrastruktur fisik sedangkan yang nonfisik terabaikan.

Ia menilai, hal ini berbeda dengan masa kepemimpinan Soeharto yang dinilai sukses menyelaraskan pembangunan infrastruktur fisik dan infrastruktur mental (nonfisik).

“Era ini, pembangunan terlalu difokuskan pada infrastruktur fisik. Sementara nonfisik terabaikan. Era Soeharto agama sangat dikedepankan. Termasuk kerukunan antarumat beragama. Bahkan ada kecenderungan merajut sebagai pencipta solidaritas,” katanya, Selasa (8/6/2021) kemarin.

“Nah ini yang kurang dilakukan pemimpin setelahnya. Yang bahkan mendorong terjadinya perpecahan di kalangan umat beragama bahkan dalam satu agama,” ujarnya lagi.

Selain itu, ia menilai infrastruktur nonfisik lain yang sukses dirajut Soeharto adalah kemampuannya mendudukan Pancasila sebagai idiologi negara dan agama.

“Yang paling penting adalah Pak Harto mendudukan Pancasila dan agama secara proporsional. Agama menyatu dengan Pancasila. Pancasila menyatu dengan agama. Tidak membenturkannya dan apalagi menyapihnya,” katanya lagi.

Kemudian, ia pun menyebut era saat ini ada banyak upaya yang ingin memisahkan antara agama dan Pancasila.

“Sekarang ini yang berbahaya adalah ingin memisahkan Pancasila dari agama. Tidak mungkin negara Pancasila akan menghapus agama. Maka kita akan mengenang kebaikan-kebaikan Pak Harto,” tukasnya.

(wte)

Komentar