Example floating
Example floating
BisnisNasional

Ditengah Polemik Proposal! Tiba-Tiba Dubes Rusia Menghadap Prabowo, Ada apa…?

Beno
×

Ditengah Polemik Proposal! Tiba-Tiba Dubes Rusia Menghadap Prabowo, Ada apa…?

Sebarkan artikel ini

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva tiba-tiba datang menghadap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Hal ini dilakukan di tengah polemik proposal perdamaian yang diutarakan Prabowo untuk Ukraina dan Rusia.

Dalam pernyataannya, Prabowo menyebut pertemuan ini membicarakan kerja sama kedua negara. Khususnya bidang pertahanan, militer, dan kekuatan alutsista TNI.

“Kami berharap hubungan kedua negara yang telah terjalin cukup lama ini, dapat terus berjalan dengan baik,” ujar Prabowo dalam keterangan pada unggahan foto di Instagram pribadinya, dikutip Rabu (7/6/2023).

Perdamaian antara Rusia dan Ukraina juga disebut. Namun tak dijelaskan detail pembicaraan.
“Kami juga memberikan masukan demi terciptanya perdamaian antara Ukraina dan Rusia,” tegasnya.

Saat ini, Indonesia dan Rusia telah menjalani kerja sama pertahanan. Sebagai contoh, PT LEN saat ini bekerja sama dalam proyek tactical data link system untuk integrasi pesawat Sukhoi.

Sebelumnya, di acara nternational Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 20th Asia Security Summit, Singapura, Prabowo memberi lima solusi damai kedua negara. Ini kemudian membuat banyak pihak berkomentar mulai dari Rusia, Ukraina, hingga DPR, Menlu dan Jokowi.

Pertama, Prabowo mengusulkan gencatan senjata. Lalu kedua, ia meminta mundurnya masing-masing negara yang bertikai 15 kilometer ke baris baru (belakang) dari posisi depan masing-masing negara saat ini.

Ketiga, ia pun meminta keterlibatan pasukan pemantau dan PBB di sepanjang zona demiliterisasi baru kedua negara. Keempat, ia juga mengusulkan pasukan pemantau dan PBB itu terdiri dari kontingen negara-negara yang disepakati.

Example 120x600