Hari Bela Negara, Mapan Dorong Kader Pemuda Tingkatkan Kesadaran Bela Negara

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Dalam rangka Peringatan Hari Bela Negara (HBN) yang Ke-75, Milenial untuk Pertahanan dan Keamanan (Mapan) menggelar talkshow bertajuk “Speak Up! Pemuda Bicara Bela Negara” di Auditorium Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), Jakarta Pusat, pada Rabu (20/12/2023).

Talkshow yang dirangkaikan dalam tiga sesi ini dimoderatori Yen Yen Kuswati, Sekjen DPP Ikatan Pemuda Tionghoa Indonesia (IPTI), menghadirkan pembicara-pembicara utama yakni Edi Nurinda Susila, Asisten Deputi Wawasan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia; H. Imam Addaruqutni, Sekjen Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI); Billy Mambrasar, Duta Pembangunan Berkelanjutan Indonesia; Dedek Prayudi (Dedek Uki), Politisi Muda; Stefanus Adat Gusma, Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik; Pandu Dinata, Wakil Ketua Umum DPP IPTI; Andriyas Tuhenay, Panglima Brigade Serbaguna (BRIGSENA) GAMKI; Izzudin Fathurrahman, Wakil Ketua Umum PP Perhimpunan Remaja Masjid Dewan Masjid Indonesia (PRIMA DMI).

Selain itu juga dihadiri Wakil Ketua Umum MAPAN Panji Sukma Nugraha, Direktur MAPAN Mohamad Andi, bersama perwakilan dari penggiat organisasi kepemudaan, tokoh dan aktivis muda dari berbagai daerah.

Sekjen PP DMI, H. Imam Addaruqutni, menyampaikan, Peringatan Hari Bela Negara menjadi momentum untuk mengingatkan kembali bagaimana pejuang mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Generasi milenial harus tahu sejarah Hari Bela Negara. Forum ini sebagai reminder untuk mengingatkan kembali masa-masa perjuangan para pahlawan kemerdekaan sehingga menginspirasi generasi muda untuk menumbuhkan patriotisme kecintaan tanah air dalam situasi nasional ke depan ini,” ujarnya.

Asisten Deputi Wawasan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Edi Nurinda Susila, menyampaikan apresiasi kegiatan yang digelar MAPAN ini sebagai upaya mencetak kader pemuda yang berkualitas dan unggul melalui peningkatan kesadaran bela negara.

“Pada kesempatan ini, secara prinsip kami mengapresiasi kegiatan yang digelar Mapan dan Kemepora terbuka lebar bagi para pemuda yang ingin meningkatkan wawasan kebangsaan dan peningkatan kapasitas dalam kesadaran bela negara,” kata Edi.

Komentar