Jelang KTT G20, Menhub Dan Gubernur Bali Tinjau Kesiapan Bandara Ngurah Rai

JurnalPatroliNews – Denpasar,– Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Provinsi Bali DR Ir I Wayan Koster, MM, Jumat (7/10/2022) meninjau kesiapan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi G20 Bali 2022 (KTT G20 Bali) yang akan dilaksanakan pada 15-16 November mendatang.

Kali ini Menhub Budi Karya dan Gubernur Koster meninjau progress pembangunan Gedung VVIP di Bandara I Gusti Ngurah Rai. Gedung VVIP tersebut merupakan fasilitas yang dipergunakan sebagai lokasi transit dan penyambutan delegasi sekelas kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara peserta KTT G20 sesaat setelah mendarat di Bali.

Dalam keterangannya, Menhub Budi Karya menjelaskan  peran penting Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dalam menyambut delegasi peserta KTT G20 Bali. “Dalam waktu 3,5 bulan, bangunan yang menjadi kebanggaan baru bagi Bali kini sudah hampir jadi. Sebagai titik jumpa pertama, kita harus tampilkan satu tempat yang begitu anggun, begitu apik, hingga ini adalah impresi dari Bali sebagai kebanggaan Indonesia,” jelas Menhub Budi Karya.

Bagaimana hasil kunjungannya? Kata Menteri Budi Karya bahwa pembangunan hingga saat ini sudah mencapai 99 persen dan dihrapakan akan selesai serratus persen dalam waktu dekat ini. “Saat ini sudah 99%, dan diharapkan selesai dalam waktu dekat, dan kita menerima tamu-tamu dengan kesiapan yang prima,” ucapnya.

Gubernur Bali DR Ir I Wayan Koster, MM, menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan Gedung VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai.Kata dia, “Gedung VVIP di Bandara I Gusti Ngurah Rai dari arsitekturnya dan juga konsep keseluruhannya, bangunan ini menurut saya luar biasa, berkelas dunia, dengan memadukan antara kearifan lokal dan modern. Cocok dengan posisi Bali sebagai destinasi utama wisata dunia, sebagai tempat penyelenggaraan event baik lokal maupun internasional, terlebih yang sedang kita persiapkan yaitu Presidensi G20.”

Gubernur Koster menambahkan, pembangunan Gedung VVIP merupakan salah satu bagian dari proyek revitalisasi infrastruktur di Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam rangka mendukung pelaksanaan KTT G20 Bali. Selain pembangunan Gedung VVIP Baru, Bandara I Gusti Ngurah Rai yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I juga turut melaksanakan revitalisasi Gedung VIP eksisting, beautifikasi Terminal Internasional dan General Aviation Terminal (GAT), serta pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di tiga titik dengan kapasitas 155 kilo watt peak (kWp).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi yang juga turut mendampingi kunjungan Menhub Budi Karya dan Gubernur Koster, memberikan update terkait progres pekerjaan revitalisasi infrastruktur bandara. “Per awal Oktober ini, secara umum progres pekerjaan di Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat dikatakan sudah memasuki tahap finishing. Gedung VVIP Baru sudah mencapai 99%, sedangkan untuk beautifikasi Gedung VIP Eksisting dan GAT sudah 100 persen. Begitu juga untuk pembangunan PLTS menurut Faik juga sudah rampung. Hal ini merupakan komitmen Angkasa Pura I dalam mendukung agenda Pemerintah dalam mensukseskan gelaran akbar KTT G20 Bali,” ungkap Fahmi.

Komentar