Jokowi Minta Tanggap Langkah Darurat Terkait Erupsi Gunung Semeru

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Mengetahui dahsyatnya erupsi gunung semeru memuntahkan laharnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan langkah tanggap darurat terkait erupsi Gunung Semeru tersebut.

Langkah tanggap darurat itu diutamakannya untuk mencari korban hingga melakukan penanganan dampak bencana.

“Sesaat setelah mendapatkan laporan tentang bencana tersebut, saya langsung memerintahkan kepada Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, dan juga kepada Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, segera ada langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada para korban yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana,” ucap Jokowi melalui akun Instagramnya, Minggu (5/12/2021).

Jokowi juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan dan logistik bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru agar dapat diselesaikan dengan segera.

Diminta segera ada perbaikan infrastruktur dan harus dituntaskan secepatnya

Baik berupa bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat,” ujarnya.

Jokowi juga mengimbau masyarakat untuk selalu mengikuti arahan petugas di lapangan dan tetap meningkatkan kewaspadaan.

Mengingat, Indonesia berada di wilayah rawan bencana atau ring of fire.

Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti arahan petugas di lapangan dan selalu meningkatkan kewaspadaan.

Kita sadari bahwa posisi Indonesia berada di wilayah cincin api ini rawan terhadap aktivitas alam seperti erupsi gunung berapi,” tandas Jokowi.

Jokowi juga tidak lupa mewanti-wanti pemerintah daerah untuk tak lelah mengajak warganya selalu siaga dan waspada.

Selain itu, dia juga meminta pemerintah daerah untuk mengantisipasi datangnya bencana di wilayahnya.

“Karena itulah, kepala daerah dan pejabat pemerintah saya minta untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan saling bekerja sama mengantisipasi datangnya bencana semacam ini,” ungkap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga menyampaikan duka cita yang mendalam atas korban dari erupsi Gunung Semeru.

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya juga menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan perlindungan kepada kita semua,” ucapnya.

Komentar