Kebakaran Hebat Landa Kilang Cilacap, Pertamina: Pasokan BBM dan Elpiji Aman

JurnalPatroliNews, Semarang – Pasca insiden kebakaran di salah satu bundwall tangki penyimpanan di area Kilang Cilacap , Jumat (11/6/2021) malam, PT Pertamina memastikan pasokan BBM dan elpiji di wilayah Jawa Tengah, serta Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam kondisi aman.

Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho mengatakan, kejadian tersebut tidak akan memengaruhi distribusi BBM dan elpiji , khususnya di wilayah Jawa Tengah dan DIY.

“Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, memiliki tujuh Fuel Terminal dan dua terminal elpiji yang berfungsi untuk memasok kebutuhan BBM dan elpiji di Provinsi Jawa Tengah dan DIY. Untuk itu pasokan dan distribusi kepada masyarakat dapat dipastikan aman dan cukup melalui unit operasi tersebut. Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir, terlebih terkait kebutuhan pasokan BBM dan elpiji,” imbuhnya.

Kebakaran di bundwall tangki penyimpanan di area Kilang Cilacap , terjadi pada Jumat (11/6/2021) pukul 19.45 WIB. Penyebab kebakaran masih belum diketahui. “Upaya pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran,” kata Area Manager Communication, Relations, & CSR RU IV Cilacap – Sub Holding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero), Hatim Ilwan.

Kilang Cilacap merupakan satu dari enam Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel/hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

(sdn)

Komentar