Literasi Kebencanaan Melalui Seminar Internasional untuk Membangun Ketangguhan Hadapi Bencana

JurnalPatroliNews – JAKARTA – BNPB terus berupaya untuk membangun ketangguhan masyarakat Indonesia dalam menghadapi setiap ancaman bahaya yang dapat berujung pada bencana. Ketangguhan ini diwujudkan dengan berbagai pendekatan, salah satunya peningkatan literasi kebencanaan melalui seminar internasional.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Direktorat Sistem Penanggulangan Bencana menyelenggarakan seminar internasional dengan tema “Literasi Sejarah Kebencanaan sebagai Warisan Ketangguhan Masa Lalu, Kini dan Nanti.” Langkah tersebut merupakan upaya memperkuat tonggak pertama dalam membangun ketangguhan masyarakat Indonesia yang berbasis pada semangat kolaborasi yang inklusi dan terintegrasi.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 13 dan 14 Oktober 2021 yang dilaksanakan secara luring di Hotel Amaris, Kota Ambon, Provinsi Maluku dan daring melalui ruang komunikasi digital ini juga sekaligus merupakan rangkaian peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) 2021 yang diselenggarakan oleh BNPB bersama BPBD Provinsi Maluku. 

Pembukaan seminar juga bertepatan dengan hari peringatan bulan PRB pada 13 Oktober yang secara fisik dihadiri oleh Pemerintah Daerah Maluku dan Kota Ambon, tokoh agama, tokoh adat, perpustakaan Rumphius, Forum PRB, FPT PRB, media dan secara virtual melalui zoom yang dihadiri sekitar 433 peserta dari berbagai lapisan masyarakat. Seminar ini turut melibatkan pembicara nasional, akademisi, praktisi dan pembicara internasional. 

Seminar dibuka oleh Staf Ahli Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Pemerintah Provinsi Maluku, Ir. Margaretha Samson, M.Tech. mewakili Gubernur Maluku yang menyampaikan asal muasal masyarakat mengenal sejarah bencana di Maluku, mulai dari bahaya Seram yang diceritakan secara turun temurun tentang jatuhnya Negeri Alpa Putih dan banjir Galala di tahun 1950. 

Komentar