Masyarakat Siap-siap, Luhut Sebut : Kemungkinan Jokowi Umumkan Kenaikan Harga BBM Pekan Depan

JurnalPatroliNews – Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan akan mengumumkan naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar dan pertalite pada pekan depan.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dalam kuliah umum di Universitas Hasanudin, Jumat (18/7).

Luhut pun meminta masyarakat bersiap-siap jika pemerintah jadi menaikkan harga pertalite dan solar. Sebab, subsidi BBM yang mencapai Rp502 triliun telah membebani APBN.

“Mungkin minggu depan presiden akan mengumumkan mengenai apa dan bagaimana mengenai kenaikan harga ini. Jadi presiden sudah mengindikasikan tidak mungkin kita pertahankan demikian karena harga BBM kita termurah sekawasan dan itu beban untuk APBN,” ungkap Luhut.

Menurut Luhut, tidak mudah memutuskan menaikkan harga BBM saat ini. Pasalnya, menaikkan harga BBM dapat menyebabkan inflasi melonjak, menekan daya beli masyarakat yang pada ujungnya bisa membuat pertumbuhan ekonomi lesu.

“Bagaimanapun tidak bisa kita pertahankan (subsidi) terus demikian. Itu kita harus siap-siap karena subsidi kita kemarin Rp502 triliun,” katanya.

Komentar