Menkumham Ingatkan: Wisudawan Ubah Mindset Dari Pencari Kerja Menjadi Pencipta Lapangan Kerja

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly Universitas Krisnadwipayana di Jakarta (Foto:Dok Kemenkumham)

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan kementerian yang dipimpinnya menjadikan perguruan tinggi di Tanah Air sebagai mitra strategis untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) unggul.

“SDM tersebut diharapkan mampu bekerja sama dalam perencanaan, pembangunan, pembinaan dan penegakan hukum,” kata Menkumham Yasonna H Laoly saat memberikan sambutan pada wisuda Universitas Krisnadwipayana di Jakarta, Kamis (19/5)

Bacaan Lainnya

Menurutnya, hal tersebut juga selaras dengan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo untuk menciptakan sumber daya manusia dengan karakter unggul.

“Saudara-saudara yang diwisuda hari ini harus menjadi katalisator perubahan masyarakat, dinamisator dari keinginan masyarakat dan inspirator bagi masyarakat,” kata Yasonna.

Dalam sambutannya, ia mengingatkan para wisudawan agar tidak bisa egois dan merasa paling hebat. Sebab, pada dasarnya, kuliah bukan hanya mencari nilai akademik tetapi juga nilai pengabdian yang harus diterapkan serta terus dikembangkan.

Menurutnya, para wisudawan memerlukan satu kompetensi khusus untuk ikut berperan dalam membangun bangsa dan negara. Dalam persaingan yang ketat serta dinamis seseorang harus mempunyai keunggulan komparatif.

“Ubah mindset dari berorientasi sebagai pencari kerja, menjadi pencipta lapangan kerja,” ujar Guru Besar Ilmu Kriminologi Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) tersebut.

Pos terkait