Pesan Buat Pemimpin Mendatang! JK Kritik Soal Mobil Listrik, BBM & Proyek Kesayangan Jokowi

JurnalPatroliNews – Jakarta, – Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla buka suara perihal kebijakan-kebijakan atau program yang dibuat oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) belakangan ini. Dalam hal ini, Jusuf Kalla memberikan beberapa kritikan atas program yang dibuat kementeriannya bahkan sampai program kesayangannya yakni hilirisasi pertambangan.

Pertama, soal subsidi mobil listrik, JK menyatakan memang bahwa pengadaan mobil dan motor listrik itu penting di Indonesia untuk mencapai target net zero emision atau emisi rendah hingga tahun 2060.

Namun, pengembangan mobil listrik harus diseimbangkan dengan pengembangan pembangkit energi baru dan terbarukan (EBT). “Sekarang bersamaan tapi jalannya lambat. Karena kalau memberikan insentif ke mobil listrik, maka harus diberikan ke pembangunan listrik, kalau tidak maka tidak ada efeknya, hanya pindah saja,” ungkap JK dalam Nation Hub, dikutip Jumat (19/5/2023).

Disamping itu, ia mengkritik mengenai subsidi kendaraan listrik. JK bilang, semua subsidi harus diperhitungkan, jangan sampai pajak masyarakat jatuh ke orang-orang yang mampu.

“Masih banyak dana yang dibutuhkan untuk contohnya pemerintah sendiri mengakui bahwa ada puluhan kilometer jalan di negeri ini rusak, artinya anggaran infrastruktur semuanya harus dievaluasi ulang,” terang JK.

Komentar