Soal Kans Capres 2024, Puan Dinilai Harus Jadi Capres PDIP Jika Tak Ingin Diisi Pengkhianat

JurnalPatroliNews – Jakarta – Direktur Eksekutif IndoStrategic Ahmad Khoirul Umam mengemukakan analisisnya soal kans calon presiden (capres) yang diusung PDI Perjuangan (PDIP). Umam menilai Ketua DPP PDIP Puan Maharani harus maju sebagai capres dari PDIP di Pilpres 2024.

Umam mengatakan PDIP menjadi satu-satunya partai yang bisa mencalonkan capres tanpa harus bekerja sama atau berkoalisi dengan parpol lain.

Keputusan soal pengusungan capres PDIP hanya ada di tangan Ketum Megawati Soekarno Putri. Menurutnya, tak ada figur lain yang lebih dipercaya Megawati ketimbang putrinya sendiri.

“PDIP punya kemampuan untuk mencalonkan capres-cawapres sendiri di Pilpres 2024 mendatang. Kemampuan dan keputusan mencalonkan itu terletak di tangan Ketum PDIP Megawati. Sedangkan, orang yang paling dipercaya oleh Megawati saat ini adalah Puan Maharani itu sendiri,” kata Umam dalam acara Lingkar Diskusi Indonesia secara virtual, Rabu (3/8/2022).

“Sebab, sebagai politisi, Puan tidak mungkin mengkhianati ibu kandungnya sendiri,” imbuhnya.

Umam tak menampik soal adanya dorongan di internal PDIP agar tak mencalonkan Puan.

Ihwalnya, sejauh ini nama Puan masih berada di posisi buncit pada sejumlah hasil survei.

“Memang, saat ini ada sebagian internal PDIP yang mencoba merayu dan merasionalkan pikiran Bu Megawati Soekarnoputri beserta para pendukungnya untuk tidak mencapreskan Puan, karena takut kalah.

Pandangan itu didasarkan pada asumsi-asumsi dasar yang diperoleh dari hasil-hasil survei, meskipun angka elektabilitas masing-masing figur tidak ada yang bisa mendominasi,” ujar dia.

Komentar