Terima Kunjungan Seyyed Ebrahim, Jokowi: RI dan Iran Sepakat Dukung Perjuangan Rakyat Palestina, Serta…

JurnalPatroliNews – Bogor – Indonesia dan Iran sepakat bakal terus memberi dukungan terhadap Palestina dan Afghanistan. Hal ini diungkapkan Presiden Indonesia Joko Widodo ketika menerima kunjungan Presiden Iran Seyyed Ebrahim Raisi di Istana Kepresidenan Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, Selasa (23/5/2023).

Dalam pertemuan kedua kepala negara itu membahas mengenai situasi geopolitik dunia hingga penguatan kerja sama bilateral kedua negara.

“Kami sepakat untuk terus mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers.

Selain itu Jokowi menyebut bakal terus menyuarakan pemberian akses pendidikan bagi perempuan di Afghanistan hingga bantuan kemanusiaan.

Jokowi juga menyampaikan kerja sama bilateral di beberapa bidang dan sudah mulai berjalan seperti telerobotic surgery atau teknologi robot untuk pembedahan dan telemedicine di 11 puskesmas.

Juga alih teknologi dan produksi bersama dengan BUMN Indonesia terkait Bioteknologi dan nanoteknologi untuk sektor kesehatan, pertanian dan lingkungan.

Adapun kedua negara juga menandatangani kesepakatan preferensi perdagangan, pembentukan kesepakatan business to business, investasi di Ibu Kota Nusantara dan sektor minyak dan gas. Terakhir Jokowi berharap adanya kerja sama riset bersama Iran terkait teknologi persinyalan kereta api.

Komentar