TKA China Lagi-Lagi Masuk RI, Pengamat Komentari Kinerja Jokowi

  • Whatsapp
Kredit Foto: Instagram/Joko Widodo

JurnalPatroliNews Jakarta -Pengamat politik Lingkar Wajah Kemanusiaan (LAWAN Institute) Muhammad Mualimin memberikan sorotan kepada kinerja Presiden Jokowi yang membiarkan kedatangan tenaga kerja asing (TKA) asal China ke Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Kendati begitu, Mualimin menerangkan, kedatangan TKA pastinya dilandasi kesepakatan Presiden Jokowi dengan China sebagai investor. Selain itu, menurutnya, sudah ada aturan yang membuka pintu lebar-lebar untuk kedatangan investor di Tanah Air.

BACA JUGA :

“RUU Ciptaker itu bukti Jokowi pro investor dan yang menikmati kemudahan investasi, ya, asing. Karena, mereka yang punya dana besar,” kata dia Rabu (7/7/2021).

Menurutnya, salah satu negara yang paling masif tanam investasi itu China, misalnya proyek Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) dengan rute dari Jakarta ke Bandung senilai Rp80 triliun.

“Sayangnya, hukum negara China tidak menghormati hak pekerja dan lingkungan,” ungkap dia. Baginya, investasi dari China hanya menguntungkan BUMN, ketimbang masyarakat luas.

Pos terkait