Pengamat: Dua Sosok Yang Cocok Masuk Bursa Calon Terkuat Cagub Jakarta di Pilkada 2024!

JurnalPatroliNews – Jakarta – Pertama kali pemilihan umum langsung kepala daerah (Pilkada) propinsi Jakarta pasca sudah tidak lagi menjadi ibukota Republik Indonesia, setelah disyahkan undang- undang pemindahan ibukota dari Jakarta ke Kalimantan yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) tentu akan melakukan berbagai penyesuaian diri setelah tidak lagi jadi ibukota Republik Indonesia.

Meskipun Draft RUU Daerah khusus Jakarta memang belum rampung dibahas oleh legislatif atau tepatnya belum di undangkan, sebagai payung hukum untuk mantan ibukota Indonesia ini harus segera diselesaikan oleh legislator Senayan sebagai pembuat UU, agar di Pilkada serentak gubernur dan Bupati/ walikota bisa berjalan dengan lancar,” ujar Pengamat Politik Samuel F Silaen kepada redaksi (26/02/2024).

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (LAKSAMANA), “Salah satu nama untuk bursa terkuat calon gubernur (Cagub) Jakarta yakni Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi yang kini masih duduk sebagai ketua DPRD Jakarta, figurnya tidak perlu lagi diragukan untuk memimpin ibu kota Jakarta, berkaca dari pengalaman dan rekam jejaknya selama menjabat sebagai legislatif, semua kebuntuan politik bisa diatasi dengan baik,” imbuhnya.

Silaen menambahkan, “selain Prasetyo Edi Marsudi ada juga nama yang juga digadang-gadang oleh pengamat lainnya yakni Basuki Tjahaja purnama atau Ahok bahwa, kedua sosok atau figur tersebut sama- sama memiliki kemampuan yang tidak perlu diragukan lagi. Tinggal mereka menunggu rekomendasi dari keputusan partai politik dan warga Jakarta yang memutuskan siapa pemimpin yang mereka kehendaki,” beber aktivis organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) itu.

Ketua DPRD provinsi Jakarta tersebut sudah malang melintang menyambangi warga Jakarta dalam menyelesaikan berbagai macam problematika dan tuntas diselesaikan, sosok yang egaliter dan apa adanya disertai berpengalaman dalam mengurusi berbagai permasalahan yang dihadapi warga ibukota negara Republik Indonesia ini,” terangnya.

Komentar